Tak Bisa ke Gym Selama Isolasi, Sulap Barang di Rumah Jadi Alat Olahraga

Kamis, 19 Maret 2020 - 16:02 WIB
Tak Bisa ke Gym Selama Isolasi, Sulap Barang di Rumah Jadi Alat Olahraga
Tak Bisa ke Gym Selama Isolasi, Sulap Barang di Rumah Jadi Alat Olahraga
A A A
JAKARTA - Wabah corona telah mengharuskan kita mengisolasi diri di rumah. Sebagian orang ada yang merasa sulit untuk beraktivitas karena tak bisa ke luar rumah. Segala macam aktivitas terhambat, salah satunya olahraga.

Sebenarnya salah satu kegiatan produktif yang bisa kita lakukan selama mengisolasi diri adalah olahraga. Dengan olahraga, tubuh akan semakin sehat sehingga kebal terhadap virus. Sayang, kesulitan untuk keluar rumah menghambat kegiatan tersebut.

Tapi, jangan khawatir karena ada cara simpel yang bisa membuat Anda tetap berolahraga selama mengisolasi diri di rumah. Hanya, Anda diharuskan lebih kreatif karena akan membuat sendiri alat olahraga dari barang-barang yang sudah dimiliki.

"Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli kit," kata Natalie Guyan, seorang personal trainer di Spanyol. Faktanya, jika Anda memiliki tas tepung dan kantong plastik untuk dibawa, Anda tidak perlu menghabiskan apapun. Dikutip dari laman The Guardian, berikut daftar barang-barang yang bisa dijadikan alat olahraga.

1. Tepung, gula, dan kantung plastik.
Tidak perlu beli alat gym, karena Anda bisa menggunakan tepung, gula, dan bahan lain untuk olahraga. Bagaimana caranya? Masukkan beberapa bahan makanan yang berumur panjang seperti 1 kg gula atau tepung ke dalam kantong plastik yang kuat. Ikat dengan erat agar benda-benda di dalamnya tidak bergeser, lalu taruh ke dalam sebuah tas yang bisa Anda ayunkan dengan pergelangan tangan. Yup, Anda sudah berhasil memiliki kettlebell darurat.

2. Jaket.
Latihan yang seimbang tidak hanya berupa gerakan mendorong, tapi juga menarik. Anda bisa mengambil jaket yang terbuat dari bahan yang kuat, kemudian mengikatnya dengan erat di sekitar tiang (atau struktur tetap lain) lalu menariknya kembali sampai jaket tersebut dapat menahan berat badan Anda. Selamat, Anda sudah memiliki tali TRX seperti di gym.

3. Sapu.
Anda juga bisa menjadikan sapu sebagai alat olahraga. Pegang sapu atau tiang plastik ringan lain di atas kepala Anda, lalu lakukan gerakan ke atas dan ke bawah atau gaya berlawanan. Kegiatan itu bisa mengencangkan otot Anda.

4. Air botolan.
Anda bisa memegang sebotol air seberat satu liter di setiap tangan sambil berjongkok, kemudian saat berdiri dorong botol tersebut ke atas kepala, dan ketika ingin jongkok kembali posisikan kedua botol itu di atas pundak. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.

5. Anak-anak.
Untuk sebagian orangtua yang ingin membuat olahraga mereka lebih keras, dapat menambah bobot beban menggunakan anak kecil atau barang terberat yang ada di rumah. Letakan barang tersebut di atas pundak, lalu lakukan squat secara hati-hati. (deslita krissanta sibuea)
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)