alexametrics

Tips Tetap Aman Saat Pandemi Virus Corona untuk Lansia

loading...
A+ A-
JAKARTA - Setelah pandemi virus corona atau COVID-19, orang-orang di seluruh dunia mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk menjaga diri mereka tetap aman. Sementara, orang yang paling rentan terkena virus adalah mereka yang lanjut usia.

Tidak hanya sistem kekebalan tubuh mereka melemah dengan bertambahnya usia, juga mengembangkan kondisi sekunder seperti tekanan darah dan diabetes, yang membuat COVID-19 semakin buruk.

Seperti dilansir Times of India, ada hal-hal yang harus dan tidak dilakukan oleh para lansia untuk membantu mereka menjaga tetap aman selama pandemi.



1. Nutrisi
Lansia harus memastikan nutrisi yang tepat dan memperhatikan pola makan dengan cermat. Selain itu, harus melembapkan diri sendiri dan minum banyak cairan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Terhubung dengan orang terdekat
Jika dalam kondisi sakit, lansia harus minum obat yang diresepkan secara teratur dan menunda operasi yang dijadwalkan. Mereka yang sudah lanjut usia juga harus tetap terhubung dengan anggota keluarga dan teman-teman mereka. Jika tinggal sendirian, harus menghubingi orang terdekat secara teratur.

3. Tetap di rumah
Orang lanjut usia harus tinggal di rumah sebanyak mungkin dan menghindari bertemu pengunjung. Mencuci tangan dan wajah secara teratur, dengan sabun dan air adalah suatu keharusan.

4. Hubungi dokter
Jika ada lansia yang mengalami demam atau gejala pernapasan lainnya, mereka harus menghubungi fasilitas perawatan kesehatan terdekat.

Hal yang harus dihindari lansia
1. Hindari rumah sakit

Sebagai lansia, Anda harus menghindari pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan rutin. Selain itu, harus menghindari tempat-tempat ramai seperti pasar dan tempat-tempat keagamaan.

2. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit
Jika Anda merasa sakit, hubungi dokter dan jangan pernah mengobati sendiri. Jangan berjabat tangan atau memeluk orang terdekat Anda untuk menghindari infeksi. Lansia juga dianjurka n untuk tidak pernah batuk atau bersin ke tangan kosong Anda. Jangan juga menyentuh mata, hidung, wajah dan lidah.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak