alexametrics

6 Cara Bersihkan Gagang Pintu hingga Ponsel untuk Cegah Penularan Covid-19

loading...
A+ A-
JAKARTA - Pandemi virus corona atau COVID-19 mempengaruhi semua bidang kehidupan. Peningkatan luas infeksi COVID-19 ini pun menimbulkan kepanikan. Sebagai bentuk pencegahan, masyarakat diminta untuk mencuci tangan dengan air setidaknya selama 20 detik dengan sabun.

Masyarakat juga diminta menerapkan social distancing dan mengisolasi diri dengan tetap di rumah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Disarankan juga untuk segera mencari perawatan medis jika terdapat gejala batuk, demam dan batuk kering.

Di sisi lain, infeksi COVID-19 telah menyebabkan kepanikan dan tekanan dalam pikiran. Karena itu, banyak orang mulai memperhatikan kebersihan diri hingga benda-benda di sekitar agar terhindar dari COVID-19. Berikut cara membersihkan benda-benda yang paling sering disentuh di sekitar Anda dan di rumah seperti dilansir Times Now News.



1. Cara membersihkan rumah
Untuk melakukannya, selalu buka sepatu sebelum memasuki rumah. Usahakan untuk menjaga gagang pintu tetap bersih dan desinfeksi dari waktu ke waktu. Bersihkan juga pintu microwave dan lemari es. Remote TV mungkin juga mengandung kuman tertentu sehingga harus membersihkannya dengan menggunakan tisu atau pembersih gadget. Laci, pegangan kamar mandi, meja makan harus didisinfeksi setiap hari untuk menjaga kebersihan rumah.

Biasakan untuk membersihkan wadah dengan deterjen dan mencucinya dengan benar. Ikuti aturan dasar mencuci tangan dan gunakan hand sanitizer. Usahakan untuk menyimpan pakaian dan peralatan makan di tempat yang berbeda dan pastikan mencuci tangan sebelum membuat makanan.

2. Cara membersihkan ponsel dan gadget
Ponsel perlu dibersihkan juga karena mengandung banyak kuman. Dianjurkan untuk mendisinfeksi laptop dan ponsel saat sering menyentuhnya. Untuk membersihkan ponsel, Anda dapat menggunakan pembersih ponsel yang tepat. Caranya cukup basahi kain dan mencelupkannya ke dalam pembersih. Pastikan untuk tidak membasahi kain terlalu banyak karena dapat merusak ponsel.

Bersihkan juga kasing ponsel karena dapat mengandung banyak kuman. Anda dapat menggunakan tisu pembersih jika tidak memiliki pembersih ponsel. Gunakan tisu pembersih yang dimaksudkan untuk gadget dan bersihkan ponsel Anda. Proses yang sama dapat dilakukan untuk gadget lainnya seperti laptop dan iPad.

3. Cara membersihkan pintu
Gagang pintu mengandung kuman dan bisa menjadi salah satu alasan penyebaran infeksi. Anda perlu mendisinfeksi gagang pintu dari waktu ke waktu karena banyak orang masuk dan meninggalkan rumah Anda. Untuk membersihkan gagang pintu, pertama-tama, harus membersihkan permukaan dan menggunakan air sabun untuk menyeka permukaan.

Setelah dibersihkan, Anda bisa menggunakan desinfektan atau menggunakan tisu untuk hal yang sama. Jangan terlalu sering menyentuh kenop pintu dan lebih suka tinggal di rumah.

4. Cara membersihkan buah dan sayuran
Buah-buahan dan sayuran yang dibawa dari pasar mungkin mengandung kuman. Makanan tersebut harus dicuci dengan benar di bawah keran yang mengalir karena mengandung bakteri. Jika Anda memesan makanan secara online, pastikan juga mencuci paket sebelum menggunakan buah dan sayuran. Ini akan membantu dalam memerangi penyebaran infeksi dalam skala besar.

5. Cara membersihkan pakaian
Pakaian mungkin mengandung kuman sehingga mereka juga harus disanitasi. Anda dapat mencuci pakaian secara normal di mesin cuci dan cuci tangan dengan benar. Jangan lupa, cuci produk atau permukaan yang bersentuhan dengan Anda dan pakaian saat mencuci. Selain itu, coba bersihkan pakaian sebelum membersihkan dan Anda juga dapat menggunakan lap desinfektan untuk membersihkan kantong jeans atau mantel.

6. Cara membersihkan kantor

Kantor-kantor perlu disanitasi juga karena orang-orang yang mungkin memiliki riwayat perjalanan telah kembali dan tidak menyadari gejalanya. Anda harus mensterilkan semua meja, kursi, laptop, kabin, dan semua tempat duduk lainnya di kantor. Anda juga harus menjaga jarak 6 meter ketika duduk di sebelah seseorang. Terakhir, pastikan untuk bersin dalam tisu dan membuang tisu segera setelah digunakan.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak