alexametrics

5 Vitamin C yang Tingkatkan Daya Tahan Tubuh agar Tak Terinfeksi Covid-19

loading...
A+ A-
JAKARTA - Daya tahan tubuh yang bagus merupakan salah satu cara yang dapat membantu melindungi diri dari paparan corona virus yang menyebabkan penyakit COVID-19. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan gizi membantu mendukung fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Ketika tubuh melawan penyakit, akan mengalami apa yang disebut stres oksidatif yang kemudian mengarah pada produksi radikal bebas yang dapat menembus dinding sel. Kondisi ini bisa menyebabkan bocor ke jaringan dan memicu terjadinya peradangan.

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah obat umum yang diyakini sebagian orang akan menyembuhkan pilek dan flu biasa. Di sisi lain, vitamin C membantu membersihkan kekacauan ini dengan memproduksi sel-sel khusus untuk meningkatkan respons imun, termasuk neutrofil, limfosit, dan fagosit.



Vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pengembangan dan pemeliharaan jaringan parut, pembuluh darah, dan tulang rawan. Vitamin C pun terdapat pada sejumlah buah dan sayuran yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut 5 makanan yang kaya vitamin C seperti dilansir dari Times Now News.

1. Jeruk
Jeruk dan jus jeruk juga merupakan sumber kalium, folat, lutein, dan vitamin yang baik. Jeruk utuh juga merupakan sumber serat yang baik, tetapi sebagian besar seratnya hilang ketika menjadi jus.

2. Paprika hijau

Meskipun kaya akan vitamin C, paprika hijau juga dapat memenuhi kebutuhan harian akan vitamin A, K dan B6. Paprika hijau murni hanya mengandung 24 kalori. Paprika dapat digunakan sebagai tambahan salad atau digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

3. Stroberi

Buah ini memiliki rasa manis, berair, dan sarat dengan vitamin C. Stroberi juga merupakan sumber serat dan folat yang sangat baik dan sumber potasium dan magnesium yang baik. Selain dikomsumsi langsung, buah ini cocok dijadikan tambahan oatmeal, sereal dingin, atau yogurt untuk sarapan sehat.

4. Brokoli

Satu cangkir brokoli cincang mentah mengandung 81 mg vitamin C. Satu porsi besar brokoli mentah menyediakan sebagian besar vitamin C yang diperlukan untuk satu hari. Namun cara memasak yang tidak tepat dapat mempengaruhi jumlah vitamin C pada brokoli. Brokoli juga merupakan sumber kalsium, kalium, serat, vitamin A dan K, dan banyak antioksidan.

5. Kiwi

Kiwi hijau yang lezat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu buah kecil memiliki lebih dari 60 miligram vitamin C. Buah ini juga kaya akan kalium dan serat dan sangat rendah kalori. Campur kiwi dengan buah-buahan dan kacang-kacangan segar lainnya untuk membuat salad buah yang sehat.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak