Pasar Skouw diharapkan dorong ekspor ke PNG

Kamis, 02 Februari 2012 - 12:38 WIB
Pasar Skouw diharapkan dorong ekspor ke PNG
Pasar Skouw diharapkan dorong ekspor ke PNG
A A A


Sindonews.com - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan hari ini, Kamis (2/2), meresmikan Pasar Skouw di Jayapura, Papua. Pasar ini merupakan Pasar Percontohan kedua setelah Pasar Cokro Kembang, Klaten, Jawa Tengah.

”Pasar ini sangat strategis, mengingat lokasinya yang berada di antara perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea (PNG) dan diharapkan dapat meningkatkan ekspor produk dalam negeri ke negara PNG,” jelas Gita dalam keterangan tertulisnya Kamis (2/2/2012).

Nilai transaksi yang dihasilkan Pasar Skouw sekitar Rp60 miliar. Mayoritas pembeli di pasar ini adalah penduduk Vanimo dari Provinsi Sundaun, wilayah perbatasan Indonesia dengan PNG.

Gita mengatakan, jika fisik pasar di tata dengan bersih, nyaman dan aman serta pengelolaan manajemen yang baik, tidak menutup kemungkinan bahwa pasar ini nantinya dapat menarik warga PNG untuk menyebrang dan berbelanja di Indonesia.

Kementerian Perdagangan akan berkoordinasi dengan Kementerian terkait antara lain Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koperasi dan UMKM; Pemerintah Kabupaten/Kota yang terkait dalam pelaksanaan revitalisasi pasar; perbankan serta swasta untuk mengembangkan jumlah pasar di wilayah perbatasan.

“Selain mendorong peningkatan ekspor nasional, letak strategis pasar di daerah perbatasan ini juga tentunya akan menggerakan roda perekonomian daerah yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya”, ujarnya.

Tahun 2012, Kemendag mengalokasikan anggaran sebesar Rp 400 miliar untuk merevitalisasi 79 pasar di 53 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sebanyak 20 diantaranya adalah pasar percontohan.

“Program pasar percontohan dengan parameter kebersihan, sehat, nyaman dan harga yang stabil serta revitalisasi pasar adalah salah satu prioritas kami. Jika pasar dikelola dengan baik, maka akan memperlancar jalur distribusi. Hal ini tentunya akan berdampak positif dalam penguatan pasar domestik,” tegas Mendag.

Selain Pasar Skouw terdapat sembilan pasar percontohan lainnya yang direvitalisasi oleh Kementerian Perdagangan pada 2011. Sebelumnya, Mendag telah meresmikan Pasar Cokro Kembang, Klaten, Jawa Tengah. Kedelapan pasar percontohan lainnya adalah Pasar Pangururan di Samosir, Sumatera Utara, Pasar Lambocca di Bantaeng dan Pasar Pattalassang di Takalar, Sulawesi Selatan, Pasar Grabag di Purworejo, Pasar Minulyo di Pacitan, Jawa Timur, Pasar Agung di Denpasar, Bali, Pasar Kewapante di Sikka Provinsi NTT serta Pasar Panorama di Bengkulu. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)