Modernisasi Total Santa Fe

Kamis, 30 Oktober 2014 - 10:59 WIB
Modernisasi Total Santa Fe
Modernisasi Total Santa Fe
A A A
HYUNDAI bergerak cepat merevisi SUV andalan mereka, Hyundai Santa Fe, agar mampu bersaing dengan special utility vehicle (SUV) lainnya. Revisi itu membuat mobil ini jadi semakin modern.

Mobil SUV saat ini tidak lagi sekadar tangguh di jalan, juga harus nyaman dan modern. Faktor inilah yang membuat banyak mobil SUV tidak hanya tangguh dari segi fungsi, juga memiliki tampang yang menarik dan fitur yang modern.

Hyundai Santa Fe menyadari hal tersebut. Di Indonesia, mobil ini begitu disukai karena tampilannya yang modern dan tenaganya yang luar biasa. Varian diesel jadi favorit karena torsinya sangat luar biasa mencapai 450 Nm. Namun, Hyundai tidak mau berpuas diri. Sadar bahwa kompetitor banyak yang semakin nyaman dan modern, mau tidak mau Hyundai juga merevisi mobil SUV kesayangan mereka itu.

Disebutkan oleh Carscoops barubaru ini, Hyundai telah melakukan revisi di sektor suspensi dan kemudi. Perubahan di suspensi dilakukan dengan cara meningkatkan kekakuan pada bantalan roda dan kontrol bushing. Ini diberikan buat mendapatkan suspensi depan yang lebih rigid. Sementara, suspensi belakang sudah mendapatkan ubahan, yakni dilengkapi dengan tweaked geometry dan bushing baru yang kaku. Dengan perubahan tersebut, Hyundai Santa Fe menjamin kestabilan berkendara yang lebih baik dibandingkan versi yang sudah ada.

Keunggulan ini jadi menarik karena Hyundai juga melakukan perbaikan di sektor kemudi. Proses yang ada di electric power steering mobil tersebut kini ditingkatkan kapasitasnya menjadi 32 bit mikroprosesor. Dengan begitu, putaran kemudi jadi lebih baik dalam membaca setiap gerakan yang dilakukan pengemudi.

Nah, perbaikan ini berpengaruh pada fitur drive selectable steering mode. Hyundai semakin leluasa mengubah pengaturan mode berkendara Hyundai Santa Fe sehingga lebih maksimal. Hyundai mengklaim mode berkendara Sport yang ada di mobil ini jadi lebih galak ketimbang mode Sport terdahulu.

Perubahan menarik juga dilakukan dari segi tampilan. Kini Hyundai Santa Fe dilengkapi dengan daytime running light LED yang membuatnya jadi semakin modern. Selain itu, fitur menarik diberikan ke mobil ini seperti auto open hands-free smart liftgate atau membuka bagasi tanpa harus menyentuh tombol.

Caranya pun lebih keren dibandingkan dengan cara BMW yang harus menendang atau Nissan X-Trail yang perlu menyentuh tombol. Pengemudi tinggal berdiri di depan bagasi dan selama kunci ada di kantong, maka bagasi langsung terbuka. Fitur ajaib ini semakin melengkapi fitur yang baru diadakan di mobil ini seperti power window di bagian penumpang dan blind spot mirror.

Untuk keamanan, Hyundai Sante Fe dilengkapi dengan fitur-fitur vehicle stability management (VSM) with electronic stability control (ESC) dan traction control system , ABS, electronic brake-force distribution (EBD), brake assist, hill-start assist control (HAC), downhill brake control (DBC) dan tire pressure monitoring system (TPMS). Semua fitur keamanan tersebut diberikan kepada Hyundai Santa Fe standar.

Untuk mesin, Hyundai sepertinya sudah sangat puas dengan mesin yang sudah ada. Mobil ini masih menggendong mesin Lambda II dengan dua kapasitas silinder, yakni 2,0 liter dan 2,4 liter. Mesin tersebut dipadukan dengan turbo ganda dan dual continuously variable valve timing (D-CVVT) yang membuat perpindahan transmisi berjalan mulus.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6294 seconds (0.1#10.140)