Vitamin D Bantu Penderita Asma

Kamis, 30 Oktober 2014 - 11:18 WIB
Vitamin D Bantu Penderita Asma
Vitamin D Bantu Penderita Asma
A A A
JAKARTA - Orang dewasa yang menderita asma dan kekurangan Vitamin D memiliki risiko lebih besar mengalami serangan asma. Sebelumnya sebuah kajian menyatakan, anak-anak penderita asma yang memiliki level Vitamin D rendah memiliki fungsi paru yang buruk.

Sehingga, meningkatkan level Vitamin D dalam tubuh bisa membantu mengatasi serangan asma.

“Vitamin D memiliki efek kekebalan yang signifikan dan diyakini memiliki efek terhadap asma,” ujar Ronit Confino-Cohen dari Sackler Faculty of Medicine, Tel Aviv University yang memimpin kajian tersebut, seperti dilansir IANS.

Confino-Cohen dan timnya menganalisa catatan medis terhadap sekitar empat juta anggota Clalit Health Services, penyedia asuransi kesehatan terbesar di Israel. Level Vitamin D 307.900 orang diukur antara 2008—2012.

Dari sekitar 21.000 penderita asma di Israel yang dikaji, mereka yang kekurangan Vitamin D 25% lebih sering terkena serangan asma. “Hasil ini menambah bukti terhadap kaitan antara Vitamin D dan asma, yang mengindikasikan efek yang menguntungkan vitamin D terhadap penderita asma,” ujar Confino-Cohen.

Sementara sebagian besar Vitamin D dalam tubuh manusia berasal dari paparan sinar matahari, pakar dermatologi merekomendasikan mendapatkannya dari sumber lain seperti ikan, susu, minyak hati ikan cod, susu murni atau suplemen diet, karena bahaya paparan berlebihan sinar matahari.

Berdasarkan temuan ini, periset merekomendasikan orang yang asmanya tidak bisa dikendalikan dengan perawatan yang ada agar menguji level Vitamin D di tubuh mereka.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3224 seconds (0.1#10.140)