Konfigurasi Dapur Modern

Minggu, 02 November 2014 - 13:03 WIB
Konfigurasi Dapur Modern
Konfigurasi Dapur Modern
A A A
DAPUR dengan konsep modern, kini dipilih karena sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan. Tren dapur kali ini tidak hanya berpaku pada desain minimalis. Konsep dapur futuristik juga mulai menjadi primadona.

Dapur berkonsep futuristik banyak menampilkan elemen logam. Untuk pembagi-an areanya sangat simpel, bahkan teramat simpel sehingga space yang tersisa masih sangat lega. ”Dapur model seperti ini sangat cocok untuk rumah yang tidak terlalu luas. Adapun yang unik dari dapur ini adalah keberanian untuk menampilkan warna cerah seperti merah yang cukup mencolok sebagai focal point di dapur,” sebut desainer interior Rina Renvil.

Meskipun warna merah adalah warna cerah dan jarang dipilih, kini semakin dipilih warna merah bisa dikombinasikan dengan warna putih pada furnitur dapurnya seperti kabinet kitchen set.

”Warna merah pada dapur futuristik bisa kita padukan dengan dinding logam yang juga bisa menetralkan warna merah tersebut. Selain itu, permainan lighting yang dipantulkan ke dinding logam bisa menambah kesan futuristiknya semakin kental,” lanjut Rina.

Anda juga bisa memilih perabot dapur seperti oven dan kompor dengan warna senada dengan dinding logam. Karena itu, menciptakan desain dapur ini semakin terasa menyatu antara elemen yang satu dan lainnya.

Jika Anda tipe orang yang simpel, mungkin desain dapur bertema everlasting bisa diterapkan untuk ruang memasak. Kesan pertama yang muncul dalam desain dapur ini adalah cozy atau menyenangkan.

Gaya dapur everlasting menawarkan sebuah desain yang bisa cukup lama dipakai. Artinya, tren dapur apa pun yang muncul dari tahun ke tahun, konsep dapur ini masih layak digunakan.

”Unsur logam bisa diartikan mewakili masa depan, sedangkan unsur kayu mewakili masa lalu. Unsur keramik dapat dikatakan mewakili masa kini. Ketiganya menyatu dalam desain yang cukup lengkap. Pemilihan furnitur seperti kursi dan top table juga bisa dimasukkan karena konsepnya praktis dan elegan, serta semakin mempertegas konsep everlasting ,” tutur Rina.

Pemilihan warna hangat semakin mengentalkan nuansa everlastiny. Anda bisa menggunakan warna krem dipadukan dengan warna monokromatik seperti cokelat. Tambahkan pula efek lampu berwarna kuning untuk mempermanis suasana dapur. Untuk top table, Anda bisa memilih yang berwarna putih karena akan terlihat serasi dengan warna krem di dindingnya.

Selain itu, ada konsep dapur maskulin dengan banyak menggunakan desain garis tegas di bidang datar yang berwarna gelap. Konsep dapur modern saat ini memang sudah diciptakan untuk siapa saja.

”Warna gelap di konsep dapur maskulin memang sangat dominan. Walau hal ini bisa mempersempit kesan ruang, kesan itu bisa dikurangi dengan penempatan cermin di bagian-bagian tertentu sehingga memberikan kesan luas,” saran Rina.

Biasanya, formasi penataan meja pantry di dapur ini dibuat cukup unik karena garis-garis tegas itu kembali muncul dengan perbedaan level meja pantry dan perbedaan corak permukaan top table. Jika dicermati lebih detail, cabinet di dapur sebaiknya dibuat tidak ber-handle atau berpegangan. Karenanya, konsep dapur ini terlihat minimalis dan cukup sederhana untuk dicoba. Selamat mencoba.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5344 seconds (0.1#10.140)