Cara Alami Menghilangkan Bau Badan

Selasa, 04 November 2014 - 07:23 WIB
Cara Alami Menghilangkan Bau Badan
Cara Alami Menghilangkan Bau Badan
A A A
KERINGAT berlebih merupakan salah satu penyebab bau badan dan cara menghilangkan bau badan dengan cepat dapat dilakukan secara alami. Meskipun demikian, sayangnya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Sebelum membahas lebih jauh, perlu diketahui terlebih dulu bahwa sebenarnya keringat kita tidak berbau. Yang menyebabkan keringat menimbulkan bau yakni bercampurnya dengan bakteri.

Pada manusia keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar yakni kelenjar accrine dan apocrine. Kelenjar accrine berperan dalam menghasilkan kelenjar bening, kelenjar ini tidak mempunyai bau dan sudah diproduksi sejak bayi. Berbeda dengan kelenjar accrine, kelenjar apocrine akan menimbulkan bau tidak sedap apabila bercampur dengan bakteri. Adapun beberapa tempat yang menghasilkan kelenjar ini yakni pada daerah tubuh yang mempunyai rambut, antara lain yakni pada hidung, ketiak, dan juga kemaluan.

Cara menghilangkan bau badan dengan cepat sebenarnya tidaklah sulit karena Anda dapat menggunakan berbagai bahan alami seperti daun sirih, jahe, kemangi, dan masih banyak lagi. Ini bisa mengatasi bau badan dari dalam, sedangkan untuk mengatasi bau badan dari luar bisa menggunakan deodorant atau parfum.

Berikut ulasan cara menghilangkan bau badan dari dalam tubuh :

1. Daun sirih
Cara pertama yang dapat anda coba yakni menggunakan daun sirih. Caranya yakni rebus 3-5 lembar daun siri dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tinggal tersisa 1 gelas saja. Setelah itu minum air rebusan tersebut secara rutin.

2. Kemangi
Kemangi merupakan daun yang dimanfaatkan untuk dijadikan lalapan saat menyantap menu makanan seperti lele goreng, ayam goreng, dan sebagainya. Namun, ternyata bahan alami ini dapat menghilangkan bau badan kita, caranya yakni cukup dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin.

3. Jahe
Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe secara rutin untuk menghilangkan bau badan. Selain menghilangkan bau badan tentu minuman ini dapat menghangatkan tubuh anda.

Sedangkan, cara menghilangkan bau badan dari luar, antara lain :

1. Jeruk nipis dan kapur sirih
Cara menggunakannya yakni peras jeruk nipis dan ambil airnya, setelah itu campurkan dengan kapur sirih lalu gosokkan pada bagian tubuh yang memproduksi keringat berlebih seperti pada ketiak.

2. Mentimun
Setelah Anda mandi gosokkan mentimun yang sudah dikupas ke bagian tubuh yang menimbulkan bau tak sedap.

3. Daun sirih
Selain menghilangkan bau badan dari dalam, bahan alami ini juga dapat mengatasi bau badan dari luar. Caranya yakni rebus 30 lembar daun sirih atau secukupnya. Nah, pada saat Anda mandi campurkan air rebusan tersebut ke dalam air dingin yang anda gunakan untuk mandi.

4. Jaga kebersihan badan
Menjaga kebersihan badan merupakan salah satu cara menghilangkan bau badan paling ampuh. Pastikan Anda mandi setidaknya 2 kali dalam sehari, agar keringat dan bakteri di tubuh anda musnah. Jika perlu Anda dapat mandi 3 kali sehari.

Nah, silahkan Anda mencoba salah satu dari sekian banyak cara menghilangkan bau badan secara alami. Tentu bau badan tidak akan hilang kalau hanya dilakukan sekali saja, pastikan Anda menerapkan cara diatas secara rutin sampai bau badan bisa teratasi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4659 seconds (0.1#10.140)