Mewah dan Berkelas

Kamis, 06 November 2014 - 11:47 WIB
Mewah dan Berkelas
Mewah dan Berkelas
A A A
Toyota Esquire dibuat dengan sentuhan kemewahan yang tinggi. Mobil ini merupakan manifestasi kemewahan van Toyota. Di Indonesia, Toyota Alphard sudah jadi lambang kesuksesan dan kemewahan.

Siapa pun dia pasti pernah bermimpi memiliki Toyota Alphard. Uniknya hal sebaliknya justru terjadi di Jepang. Baru-baru ini seorang pengusaha dan pemilik dealer Toyota di salah satu kota di Jepang membuat petisi ke Toyota. Dia mengeluh karena Toyota tidak memiliki sebuah transporter mewah yang bisa dibawa ke mana-mana.

“Lexus LS saya tidak bisa membawa banyak orang dan ToyotaVellfire tidak cukup mewah dan membanggakan,” keluhnya. Petisi itu pun tercium media dan langsung cepat tersebar. Uniknya banyak orang setuju dan memahami keluhan tersebut. Mereka setuju kalau Toyota Alphard tidak cukup memuaskan.

Toyota pun bergerak cepat. Mereka langsung menghadirkan jawaban petisi tersebut dengan menghadirkan Toyota Esquire. Dari segi dimensi, Toyota Esquire memang tidak sebesar Toyota Alphard. Jadi, wajar jika memang banyak orang menyebut mobil ini sebagai adiknya Alphard.

Memang dari segi ukuran, mobil ini kalah jauh, tapi dari segi desain, mobil ini melampaui saudara tuanya itu. Lihat saja dari tampilan keseluruhannya, terutama di bagian grill depan yang dibuat hampir serupa dengan Toyota Crown. Eksterior Toyota Esquire juga mendapatkan sentuhan desain modern dan elegan.

Desain grill depannya sangat mencolok dengan bentuk vertikal yang membentang hingga turun sampai bawah bemper. Grill -nya memang mengingatkan pada grill yang ada di Toyota Crown. Bedanya, grill di Toyota Esquire dibuat sangat masif dan dominan. Toyota menawarkan interior yang luar dan mewah pada Esquire. Joknya terbuat dari kulit sintetis dan beberapa bagian lainnya dilapisi logam dan sentuhan kayu pada setir kemudi dan shift knob.

Sentuhan kulit dan kayu pun dieksekusi dengan cita rasa tinggi sehingga menyebarkan aura yang sangat khas. Untuk jantung pacunya, tersedia beberapa varian, seperti Xi yang dibekali mesin model 3ZR-FAE berkapasitas 2.0-liter, kedua adalah varian Gi yang dibekali mesin tipe EZRFAE berkapasitas 2.0-liter.

Adapun untuk varian hybrid dibekali mesin model 2ZR-FXE berkapasitas 1.797 cc yang mampu menghasilkan tenaga 73 kW (99 PS) pada 5.200 rpm dan torsi maksimum 142 Nm pada 4.000 rpm. Motor listriknya menggunakan model 5JM yang dapat menghasilkan daya maksimum 60 kW (82 PS) dan torsi maksimum 207 Nm.

Mesin-mesin tersebut menawarkan efisiensi bahan bakar yang maksimal karena menggunakan sistem Valvematic dengan transmisi Super CVT-i dan beberapa fitur lainnya yang mendorong untuk ramah lingkungan dan hemat bahan bakar minyak (BBM). Konsumsi BBM mobil tersebut menurut hasil pengetesan metode JC- 08 oleh Kementerian Jepang menunjukkan mencapai angka 23,8 km per liter untuk model hybrid yang menggunakan mesin 1.8 L.

Angka 16 km per liter untuk mobil bermesin 2.0 L front wheel drive , dan 14,8 km per liter untuk mobil bermesin 2.0 liter berpenggerak 4WD. Sementara untuk fitur keselamatan dan keamanan sudah tidak bisa diragukan lagi. Toyota banyak menyematkan fitur unggulannya di Toyota Esquire.

Di antaranya intelligent parking assist, easy set, dan wid-angle. Sistem tersebut bisa mendeteksi lokasi parkir ketika tuas gear dipindahkan ke posisi reverse (mundur) dan sekaligus dapat mengarahkan langsung ke tempat parkir ketika tombol OK ditekan.

Untuk harga, mobil ini paling murah dijual seharga 2,7 juta yen (Rp305 juta) sampai 3,36 juta yen (Rp400 jutaan). Angka ini tentu akan bertambah mahal jika dibawa ke Indonesia. Tinggal menunggu waktu saja importir umum yang ada di Jakarta menjadikan mobil ini sebagai mobil penggoda orang kaya di Jakarta.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6085 seconds (0.1#10.140)