Tips Nyaman Membawa Bayi Liburan

Jum'at, 07 November 2014 - 09:08 WIB
Tips Nyaman Membawa Bayi Liburan
Tips Nyaman Membawa Bayi Liburan
A A A
AKHIR pekan tiba, tentunya mungkin Anda dan keluarga sudah mempunyai rencana untuk melakukan liburan. Namun, ada khawatiran yang muncul saat Anda ingin berlibur harus mengikutsertakan bayi Anda dalam perjalanan berlibur tersebut.

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan saat Anda akan mengajak bayi liburan, seperti alat transportasi yang digunakan haruslah membuat bayi nyaman, karena jika tidak maka bersiaplah mengalami stress sepanjang perjalanan karena bayi anda akan menangis terus.

Tempat tujuan wisata yang akan dikunjungi pun harus sesuai dengan kondisi kesehatan bayi, karena jika anda tidak memperhatikan hal seperti ini maka akan berakibat setelah liburan selesai.

Berikut tempat yang bisa dijadikan referensi saat mengajak bayi liburan:

1. Kebun Binatang
Mengajak bayi liburan mengunjungi kebun binatang banyak memberikan manfaat selain bisa mengenal lebih dekat dengan hewan, bayi juga akan dikenalkan dengan kehidupan alam, namun yang wajib diperhatikan adalah keselamatan bayi. Jangan sampai orang tua membiarkan bayi lepas tanpa pengawasan apalagi jika berada di area yang butuh pengawasan ekstra.

2. Mengunjungi Museum
Mengenalkan sejarah sejak dini kepada bayi adalah hal yang positif karena akan merangsang perkembangan otaknya untuk mengingat, walaupun tidak mengingat sejarah secara keseluruhan tetapi dengan melakukan hal-hal seperti ini akan merangsang otak bayi untuk menyimpan memori yang kemungkinan akan berguna di masa depan.

3. Wisata Alam
Mengajak bayi liburan ke wahana wisata alam sangat memberikan dampak positif terutama bagi anda yang terbiasa tinggal di daerah perkotaan, dimana rutinitas kota dan kepadatan penduduk menjadi sarapan setiap hari, udara alam yang masih segar juga bagus untuk kesehatan bayi.

Dalam mengajak bayi liburan bersama keluarga hal yang utama dan harus diperhatikan adalah menjaga keselamatan dan kesehatan bayi, membawa obat-obatan darurat untuk bayi seperti minyak telon sangat dianjurkan mengingat kulit bayi yang masih sensitif.

Selain itu, beberapa yang harus diperhatikan saat membawa bayi berlibur di tempat yang jauh dari rumah. Diantaranya :
- Bawa barang-barang bayi dan barang orang tua yang tak mungkin tinggal apabila pergi menginap bersama bayi. Selimut bayi, stroller, diaper secukupnya dan peralatan mandi bayi.

- Nikmati perjalanan. Orang tua dalam hal ini Ibu ingin bersenang-senang bersama bayi, bukannya ingin susah. Nikmati perjalanan Anda bersama bayi, supaya bayi dapat merasakan emosi Ibunya. Apabila Ibunya senang, maka bayi ikut senang.

- Siap merubah rencana. Bepergian bersama bayi tak harus kaku. Bersiaplah mengubah rencana bila tempat tujuan sulit ditempuh, misalnya karena jalanan macet atau tiba-tiba cuaca memburuk.

- Bersikap fleksibel. Di tempat yang disinggahi, ada beberapa rutintas yang harus disesuaikan. Biarkan bayi tetap merasakan rutinitasnya, misalnya di jam bayi harus mandi, seka tubuh bayi supaya dia tetap merasa bersih dan sudah mandi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7506 seconds (0.1#10.140)