Mengobati Penat dengan Memancing

Jum'at, 07 November 2014 - 15:40 WIB
Mengobati Penat dengan Memancing
Mengobati Penat dengan Memancing
A A A
Banyak orang memiliki hobi memancing. Namun, tidak semua mempunyai wadah yang bisa menaungi hobi para pemancing ini. IFT Fishing merupakan tempat bagi para pancing mania untuk berbagi pengalaman melalui dunia maya.

Salah satu pendiri komunitas IFT Fishing adalah Purnomo Chandra. Dia yang mengurusi segala kegiatan komunitas ini, mulai agenda memancing bersama hingga kompetisi para pemancing yang ada dalam member IFT. Selain Purnomo, saat ini ada sekitar 500 orang yang tergabung dalam IFT.

“IFT Fishing bisa dibilang situs komunitas para penggila memancing. Dari sini para pemancing bisa dengan mudah berbagi pengalaman, alat pancing yang sesuai dengan track, dan mengenai lokasi memancing yang tepat, mulai para pemancing laut, sungai, hingga rawa,” papar Purnomo.

Purnomo menyukai kegiatan memancing sejak 15 tahun lalu. Dia juga sudah mengetahui berbagai macam teknik memancing, mulai trolling, jigging, popping, hingga memancing teknik dasar. “Tapi, dari segala teknik memancing, yang paling saya senangi adalah memancing jenis fly fishing. Itu merupakan teknik yang sangat unik,” ujarnya. Komunitas yang sudah terbentuk sejak 1 September 2003 ini memiliki misi mendorong masyarakat untuk menggemari kegiatan memancing.

“Mungkin ada sebagian orang yang bilang, kegiatan memancing itu menjenuhkan. Tapi, kalau kita sudah bisa menguasai tekniknya, pasti ada rasa penasaran. Nah, untuk sekarang yang lagi digemari para pemancing mania adalah memancing dengan teknik fly fishing,” tutur Purnomo.

Purnomo menuturkan, fly fishing merupakan teknik memancing yang lebih menekankan pada melucutkan kail dan mendaratkan umpan di dalam air sehingga menyerupai flies sungguhan. Di sini biasanya para pemancing dituntut mengenal karakter ikan, habitat si ikan itu hidup, dan makanannya. Dari situ, baru pemancing bisa membuat umpan tiruan yang bentuknya sama menyerupai makanannya.

Sama seperti komunitas pada umumnya, di sini para member IFT selalu bisa memilih kegiatan memancing yang mereka senangi. “Biasanya kami selalu mengadakan kegiatan satu bulan sekali. Seperti pada Juni 2012, kami pernah mengadakan big game tahap 2. Kami mengadakan kegiatan di kolam KABEDA di Kota Depok. Pada waktu itu, ikan yang kami sediakan jenisnya ikan mas yang memiliki bobot sekitar 500 kg,” kata Purnomo.

Sudah hampir 15 tahun Purnomo menggeluti hobi memancingnya. Tidak heran di rumahnya banyak sederet alat pancing yang beragam, mulai yang berharga murah hingga mahal. Untuk harga, pastinya jangan ditanya. Bentuk dan harga alat pancing Purnomo sangat bervariasi, dari yang bernilai puluhan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah. Dia pun kini sudah semakin mahir membedakan bagaimana harus memancing di air tawar dan memancing di laut.

Bagi Anda yang juga menggemari kegiatan memancing dan ingin bergabung dengan IFT Fishing, bisa saja. Purnomo mengatakan, IFT Fishing memiliki dua jenis member, yaitu member tetap dan tidak tetap. Bukan itu saja, ada juga kartu member-nya. “Cara untuk bisa menjadi member di IFT cukup dengan menghubungi store kami, atau bisa juga mengirimkan CV ke website kami,” sebut Purnomo.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5272 seconds (0.1#10.140)