Minyak Ikan Bantu Berhenti Merokok

Rabu, 12 November 2014 - 16:31 WIB
Minyak Ikan Bantu Berhenti Merokok
Minyak Ikan Bantu Berhenti Merokok
A A A
LONDON - Bagi orang yang ingin berhenti merokok tapi belum berhasil juga, bisa mencoba mengonsumsi suplemen omega-3, seperti yang terdapat pada kapsul minyak ikan.

Menurut riset terbaru, mengonsumsi asam lemak mengurangi kecanduan nikotin. Dalam riset itu, para perokok yang diberi kapsul omega-3 tiap hari dalam sebulan bisa mengurangi konsumsi rokok mereka hingga 11% dibanding mereka yang diberi pil plasebo.

“Material dan obat-obatan yang saat ini digunakan untuk membantu orang mengurangi dan berhenti merokok sangat tidak efektif dan menyebabkan efek berlawanan yang tidak mudah diatasi. Penemuan dalam kajian ini mengindikasikan omega-3, yang tidak mahal dan gampang didapatkan di dalam suplemen diet dengan hampir tanpa efek samping mengurangi kebiasaan merokok secara signifikan,” papar Sharon Rabinovitz Shenkar, dari University of Haifa, yang melakukan riset ini, seperti dilansir The Daily Mail.

Merokok diketahui mengurangi level asam lemak yang penting dalam otak, terutama omega-3. Kekurangan omega-3 merusak struktur sel saraf dan mengganggu komunikasi antara saraf di area otak yang melibatkan rasa senang dan puas.

Area-area ini penting dalam memberikan penghargaan dan membuat keputusan, serta sangat penting dalam kecanduan, sehingga kekurangan omega-3 membuat tubuh seorang perokok lebih sulit menghadapi keinginan untuk menyulut sebatang rokok lagi.

“Kajian awal telah membuktikan bahwa ketidakimbangan omega-3 juga terkait masalah kesehatan, depresi dan kemampuan mengatasi tekanan dan stres. Tekanan dan stres, sebaliknya, berasosiasi dengan hasrat merokok. Level stres dan ketegangan juga diketahui meningkat di antara orang yang berhenti merokok. Meskipun begitu, hubungan antara semua faktor ini belum dipelajari hingga sejauh ini,” ujar Shenkar.

Dalam kajian itu, periset melibatkan 48 orang yang telah merokok selama rata-rata 11 tahun dan yang mengonsumsi rata-rata 14 batang rokok per hari. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok secara acak.

Salah satu kelompok mengonsumsi 950 mg kapsul omega-3 lima kali sehari selama 30 hari. Kelompok lain mengonsumsi lima pil plasebo sehari dengan periode waktu yang sama. Tidak ada peserta yang tahu di kelompok mana mereka berada.

Setelah 30 hari, perokok yang mengonsumsi kapsul omega-3 mengurangi kebiasaan merokok mereka hingga rata-rata dua batang per hari. Ini sama dengan pengurangan 11%—meskipun mereka tidak diminta mengurangi kebiasaan merokok.

Sebagai tambahan, ketika kecanduan mereka terhadap nikotin diukur—dengan mengekspos mereka terhadap gambar-gambar terkait rokok setelah mereka tidak merokok selama dua jam—para peserta riset ini menunjukkan pengurangan yang signifikan dibandingkan pada awal kajian.

Sementara, kelompok yang menerima pil plasebo tidak menunjukkan perubahan signifikan dalam level kecanduan atau jumlah rokok yang mereka isap tiap hari.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4676 seconds (0.1#10.140)
pixels