Tampil Keren Berwibawa

Kamis, 13 November 2014 - 13:42 WIB
Tampil Keren Berwibawa
Tampil Keren Berwibawa
A A A
Audi melakukan penyegaran pada Audi Q3 menjelang penutupan tahun. Penyegaran pertama ini fokus pada ubahan mesin dan penampilan yang makin keren. SUV berukuran kecil memang tengah jadi primadona.

Baik itu SUV kelas nonpremium maupun premium. Mercedes- Benz sudah memulai dengan menghadirkan Mercedes-Benz GLAClass. BMW masih terlena dengan BMW X1. Bagaimana dengan Audi? Pabrik yang bermarkas di Ingolstadt, Jerman, itu sepertinya sadar betul bahwa Mercedes-Benz GLA-Class tidak boleh dibiarkan begitu saja. Inilah alasan mereka langsung menyegarkan tampilan SUV kecil mereka, Audi Q3.

Untuk penyegaran Audi memang tergolong terlambat, mengingat usia mobil ini sudah masuk usia ketiga. Untungnya penyegaran yang dilakukan saat ini cukup menarik. Beruntunglah Audi telah membuat sebuah mobil konsep yang dinamakan Audi Quattro Concept. Dari mobil konsep inilah sebagian besar badan Audi Q3 dibuat. Ubahan pada muka Audi Q3 memang mengingatkan pada wajah depan Audi Quattro Concept. Grille kini dibuat menyatu dengan headlamp.

Grille single frame-nya dilengkapi aksen silver dan terhubung ke headlamp . Audi juga menyematkan teknologi Xenon Plus dan LED DRL sebagai perlengkapan standar Q3. Audi Q3 pun memberikan pilihan personalisasi. Bagi konsumen yang membutuhkan tampilan yang lebih sangar, Audi Q3 ini memiliki opsi di bagian headlamp yang dapat dilengkapi dengan LED dan lampu sein yang unik.

Dibilang unik karena ketika bekerja lampu sein tersebut berkedip dengan dinamis, menyala berurutan ke kiri atau ke kanan, bergantung lampu sein mana yang diaktifkan. Perubahan di bagian depan memang membanggakan. Sayang, Audi terkesan malas mengubah tampilan belakang. Sangat sulit membedakan tampilan belakang mobil ini dengan mobil yang lama.

Tak ada ubahan yang mencolok selain dari bentuk taillight dan muffler-nya. Audi bahkan masih menggunakan halogen biasa untuk lampu belakangnya. Namun jika diselisik lagi, sebenarnya ada yang istimewa dari bagian belakang mobil ini, yakni lampu rem yang canggih berkat teknologi adaptive braking system .

Berkat teknologi ini, lampu rem akan berkedip pada frekuensi 4 Hz saat panic braking atau hard braking , sekaligus menjadi penanda bagi mobil di belakang bahwa pengendara mobil ini sedang mengerem keras. Canggih kan? Selain perubahan pada tampilan, Audi juga merasa perlu menyuntik tenaga baru buat mobil ini.

Kini, Audi Q3 facelift menawarkan enam pilihan mesin, terdiri atas 3 mesin bensin dan 3 mesin diesel. Dengan rentang kapasitas dari 1.4 liter sampai 2 liter, rentang tenaga dari 118 daya kuda hingga 217 daya kuda, semua mesin Q3 facelift sudah menggunakan turbo, direct injection, dan lulus uji emisi Euro 6 terbaru.

Mesin baru Q3 juga didesain untuk mencapai temperatur ideal mesin dengan cepat saat baru dinyalakan dalam kondisi dingin, misalnya dalam kondisi baru dinyalakan setelah lama ditinggal, saat cuaca hujan, atau tertimbun tumpukan salju. Mesin baru ini juga menghasilkan emisi 17% lebih rendah dibanding versi sebelumnya.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)