Mobil Konsep Bermesin Ducati

Kamis, 13 November 2014 - 13:51 WIB
Mobil Konsep Bermesin Ducati
Mobil Konsep Bermesin Ducati
A A A
Volkswagen tidak kehabisan akal untuk menciptakan mesin berkapasitas di bawah 1.500 cc, dengan mengambil basis mesin dari Ducati Superleggera di mobil konsep mereka.

Namun, alasan efisiensi dalam segala hal dengan menggunakan platform mesin yang ada, jadi kata kuncinya. Patut dimaklumi, sebab Ducati sudah dibeli oleh Audi, yang merupakan anak perusahaan Volkswagen Group sejak 2011. Jadi, apa pun yang dilakukan Audi atau VW pada Ducati, itu statusnya sah.

Termasuk penggunaan mesin Ducati L-Twin dengan konfigurasi khusus di XL Sport. Namun, pemasangannya tidak dilakukan dengan cara plug-in. VW melakukan modifikasi pada sektor ini. Di antaranya pemasangan dual clutch transmission alias teknologi kopling ganda. Juga dilakukan step down rasio gigi untuk membuatnya lebih kuat melakukan tarikan.

Dengan konfigurasi seperti ini, VW mengklaim tenaga yang bisa dihasilkan XL Sport mencapai 197 daya kuda. Kecepatan maksimum mampu dicapai di angka 168 mil per jam alias 270,3 kilometer per jam. XL Sport merupakan saudara XL1. Karena itu, dia menggunakan arsitektur yang sama, seperti bodi monokok yang didominasi oleh carbon fiber-reinforced polymer (CFRP) yang diproses dengan resin transfer molding .

Namun, XL Sport memiliki desain yang hampir seluruhnya berbeda dari XL1, kecuali lampu depan dan grille . XL Sport memperlihatkan ban belakang yang di XL1 sempat disembunyikan. Kedua sisi bodi dari depan ke belakang terputus.

Lalu, bagian belakang juga sangat berbeda, walaupun lekukannya masih sama dengan XL1. Bumper lebih gahar dan terdapat spoiler. Ada pula lima kisi-kisi yang dapat terbuka secara otomatis untuk mendinginkan mesin Ducati.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0365 seconds (0.1#10.140)