Trik Menenangkan Bayi

Sabtu, 15 November 2014 - 11:05 WIB
Trik Menenangkan Bayi
Trik Menenangkan Bayi
A A A
BAYI Anda rewel, tentu saja permasalahan ini pernah dialami oleh para orang tua yang mempunyai anak di bawah usia satu tahun. Tentunya sebagai ibu berusaha keras untuk menghentikan tangis atau menenangkan bayi yang sedang rewel.

Perlu diketahui setiap bayi memiliki keunikan sendiri dan akan memberikan respon yang berbeda-beda. Tetapi, melalui trik ini Anda dapat bereksperimen untuk menemukan strategi paling tepat saat menenangkan si bayi.

Berikut beberapa trik untuk membuat bayi tenang dengan menyesuaikan apa yang ia lihat, dengar dan rasakan, sebagaimana hasil penelitian dari American Academy of Pediatrics.

- Penglihatan. Siapa yang tidak merasa terganggu dengan sinar lampu yang menyala terlalu terang? Meredupkan lampu merupakan cara jitu untuk membuat suasana yang tenang dan nyaman bagi bayi.

Sebenarnya, cahaya dari ponsel Anda juga dapat memberikan efek hipnosis, tetapi akan menjadi bumerang di kemudian hari, karena membuat bayi terstimulasi secara berlebihan.

- Suara. Beberapa suara tertentu dapat memberikan refleks menenangkan bagi bayi, seperti suara penyedot debu, kipas angin, AC dan air yang mengalir dari keran.

Memutarkan atau menyanyikan lagu yang berirama tenang dengan kata-kata sederhana yang berulang juga dapat digunakan untuk menenangkan bayi Anda.

- Sentuhan. Memberikan sentuhan hangat sangat penting untuk perkembangan bayi dan tentu dapat membuatnya tenang. Anda dapat melakukannya dengan memberikan pijatan lembut pada tubuh bayi, seperti di bagian kaki atau lengannya.

Selain itu, saat bayi Anda tidak berhenti menangis, lakukanlah metode skin to skin alias membaringkan bayi dengan posisi telanjang di dada Anda untuk menenangkannya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5593 seconds (0.1#10.140)