Mengundurkan Diri secara Profesional

Sabtu, 15 November 2014 - 13:11 WIB
Mengundurkan Diri secara Profesional
Mengundurkan Diri secara Profesional
A A A
Terdapat berbagai cara berkesan untuk memberitahukan atasan dan kolega mengenai pengunduran diri Anda. Namun, ingatlah untuk tetap mengundurkan diri secara profesional.

Membuat surat resmi dengan bahasa sopan dapat menunjukkan kredibilitas Anda. Berikut beberapa langkah agar pengunduran diri terlihat profesional.

Informasikan kepada manajer

Tunjukkan rasa hormat dengan memberi tahu atasan Anda pertama kali. Buatlah surat resmi pengunduran diri setelah Anda berbicara dengan atasan secara lisan. Pastikan peralihan posisi berjalan lancar dengan menuntaskan pekerjaan, merapikan dokumen, dan menjelaskan kepada pengganti Anda mengenai deskripsi pekerjaan.

Klarifikasikan waktu dan cara Anda menginformasikan kepada kolega dan atasan mengenai pengunduran diri Anda. Mintalah referensi kepada atasan. Referensi yang baik dapat mempermudah Anda mencari pekerjaan selanjutnya.

Surat

Pastikan surat Anda singkat. Anda tidak butuh penjelasan panjang lebar mengenai alasan Anda mengundurkan diri. Jangan menjatuhkan kesalahan kepada atasan atau perusahaan. Sebaliknya, berterima kasihlah kepada atasan dan hal-hal apa saja yang Anda apresiasi. Berikut ini adalah unsur-unsur yang dapat dimasukkan ke dalam surat :

Paragraf pertama (latar belakang)

“Dengan ini, saya menyatakan pengunduran diri sebagai (jabatan) kepada (nama atasan). Sesuai dengan kontrak, saya telah memberitahukan pengunduran diri sejak (tanggal pemberitahuan) dan akan mengundurkan diri pada tanggal (tanggal berhenti kerja).”

Paragraf kedua (ucapan terima kasih)

“Saya senang dapat bekerja di sini dan saya ingin berterima kasih untuk ...”. Sebutkan setiap proyek yang telah dikerjakan, kesempatan mengembangkan keterampilan, dan kontribusi dalam pencapaian target atasan. Anda dapat mengungkapkan rasa apresiasi atas kerja sama yang terjalin dan kesempatan pengembangan diri yang diperoleh.

Paragraf ketiga (nyatakan kesediaan Anda untuk membantu peralihan jabatan)

“Saya akan berusaha sekuat tenaga menyelesaikan pekerjaan saya dan membantu proses peralihan jabatan).

Memberitahukan klien

Anda dapat memberitahukan pengunduran diri Anda kepada klien dengan mengirimkan surat singkat. “Seperti yang Anda telah ketahui, saya memutuskan untuk mengundurkan diri untuk mengejar karier. Saya sangat senang dapat bekerja dengan Anda. Saya harap kita dapat bertemu lagi pada masa mendatang.”

Claudia carla/Theguardian
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7717 seconds (0.1#10.140)
pixels