Perangi Ebola

Senin, 17 November 2014 - 11:55 WIB
Perangi Ebola
Perangi Ebola
A A A
BEBERAPA musisi kenamaan dunia telah berkumpul di London, Inggris, kemarin. Mereka berusaha mengumpulkan dana untuk memerangi virus ebola yang saat ini tengah berkembang di dunia dengan merekam single Band Aid 30.

Musisi yang terlihat menyumbangkan suara, di antaranya One Direction, Paloma Faith, Disclousure, Jessie Ware, Ellie Goulding, dan Clean Bandit.

Ada juga Emeli Sande, Rita Ora dan Ed Sheeran. Mereka telah merekam versi baru lagu Band Aid berjudul Do They Know Its Christmas? di Sarm Studio, Notting Hill, London Barat. Demikian dengan Sam Smith, Chris Martin, dan Bono U2. Mereka ikut menyanyikan lagu Do They Know Its Christmas?. Lagu itu dipilih karena liriknya yang menyentuh. Sebelumnya, tembang itu juga berhasil meraih 8 juta poundsterling untuk bantuan kelaparan di Etiopia.

Penanggung Jawab Keuangan Kementerian Inggris George Osborne menegaskan, dirinya telah setuju untuk membebaskan PPN untuk single tersebut. Hal itu diungkap melalui Twitter pada Sabtu lalu. “Saya sudah berbicara kepada Bob Geldof (penyanyi dan pencipta lagu senior), kami akan membebaskan PPN atas BandAid sehingga setiap sen akan dipergunakan untuk melawan ebola,” katanya.

Ribuan orang begitu antusias menunggu kedatangan seniman dunia yang hadir di Sarm Studio. Sir Bob Geldof mengatakan, acara tersebut mengingatkan dirinya 30 tahun lalu, di mana kepedulian musisi begitu tinggi untuk masalah sosial. Penyanyi solo Emeli Sande mengatakan, Geldof telah berbicara dengan seniman sebelum proses rekaman soal situasi di Afrika Barat dan PBB.

Dia pun mengatakan, apa yang bisa dilakukan sebagai seorang musisi untuk terlibat di dalamnya. “Bob memberikan pidato yang benar-benar menyentuh sebelum kita mulai bernyanyi. Jadi, saya pikir kami berada di sini untuk alasan yang sangat serius,” kata Emeli. Emeli juga takjub mendengar hasil paduan suara para musisi dunia yang terdengar kuat dan sangat harmonis, meski harus lima kali mengulang untuk kekompakan dalam bernyanyi.

Sebelum masuk studio, Sam Smith mengakui, dirinya begitu cemas tentang gaya vokalnya yang cocok untuk direkam. “Tapi itu bukan tentang bagaimana suara saya terdengar. Ini lagu yang mudah untuk menyanyi. Saya harus OK,” katanya. Lirik lagu lawas yang dinyanyikan para musisi ini memang cocok untuk menggambarkan krisis ebola. Mereka juga mengganti lirik pada bait kedua dan ketiga.

Tujuannya untuk mengacu pada penyakit tersebut dan menghibur korban ebola. Namun, Adel yang diajak terlibat untuk proyek amal itu tidak hadir. Dikutip Dailymail , Adele dikabarkan menolak. Geldof mengatakan, pemenang Oscar itu mengabaikan permintaannya untuk menyanyi ulang Do They Know Its Christmas? “Adele tidak melakukan apa-apa. Dia tidak menjawab telepon.

Dia tidak ingin diganggu oleh siapa pun. Dia hanya ingin membesarkan keluarga. Beberapa orang hanya tidak berpikir mereka tidak dapat membuat dampak apa pun dengan datang bersama,” ungkapnya. Seorang wakil untuk Adele mengatakan kepada The Sun , Geldof dan panitia berbicara langsung dengan manajemen, tapi tidak ada kesepakatan. Namun, Adele sangat mendukung memerangi ebola dengan memberi sumbangan.

Sementara Paloma Faith mengaku tersentuh dengan apa yang didengar dari Geldof soal penyakit ebola. Dia pun merasa prihatin dengan kondisi para korban yang terkena penyakit yang belum ada obatnya itu. “Saat yang paling emosional mungkin ketika Geldof sedang memberikan sambutannya sebelum kita menyanyikan bersama,” katanya.

Ananda nararya
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5081 seconds (0.1#10.140)