Ciuman 10 Detik, Sebarkan 80 Juta Bakteri

Rabu, 19 November 2014 - 14:11 WIB
Ciuman 10 Detik, Sebarkan 80 Juta Bakteri
Ciuman 10 Detik, Sebarkan 80 Juta Bakteri
A A A
SEBUAH studi baru menyebutkan berciuman selama lebih dari 10 detik menyebabkan pengiriman sekira 80 juta bakteri. Penelitian ini dilakukan oleh TNO, Organisasi Belanda untuk Riset Ilmiah Terapan. Hasil studi itu diterbitkan dalam jurnal Microbiome, setelah melakukan penelitian terhadap 21 pasangan berusia antara 17-45 tahun.

Seperti dikutip dari healthmeup, untuk mengetahui apakah terjadi transfer bakteri dari satu orang ke orang lain dalam kegiatan berciuman tersebut. Pasangan yang mencium terlebih dahulu mengkonsumsi yoghurt probiotik.

Setelah percobaan berciuman, kemudian penelitian dilanjutkan dengan mengusap mulut dan air liur dari setiap pasangan untuk merekam dan mengukur bakteri di mulut mereka. Bahkan, sebelum percobaan pasangan memiliki mikroba mulut sebanding.

Dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan rata-rata memiliki mikroba mulut lebih mirip dibandingkan dengan individu yang tidak berhubungan dengan kesamaan dari mikroba pada permukaan lidah.

Dalam kontrol percobaan untuk mentransfer bakteri, para peneliti mengidentifikasi Probiotik Lactobacillus dan Bifidobacteria, yang secara kolektif biasanya account hanya sekitar 0,15 persen dari mikroba dalam air liur dan 0,01 persen dari mikroba di lidah.

Tapi setelah ciuman, Lactobacillus dan Bifidobacteria dalam orang yang menerima ciuman meningkat secara signifikan hingga mencapai 0,54 persen pada air liur dan 0,49 persen di lidah. Hal ini menyebabkan para peneliti menyimpulkan bahwa ciuman 10 detik ditransfer 80 juta bakteri.

Studi ini menunjukkan bahwa saliva mikrobiota bersama membutuhkan pertukaran bakteri berulang, dan ini paling jelas dalam pasangan yang setidaknya sembilan ciuman intim per hari.

Berbagai komunitas bakteri yang berhubungan dengan tubuh manusia dapat menjadi penyebab banyak faktor, seperti genetik, diet, usia, lingkungan, dan perilaku seksual. Para peneliti mencatat bahwa mulut manusia telah berisi lebih dari 700 varietas bakteri.

Namun, tak ada alasan untuk berjanji tidak akan berciuman setelah membaca tentang penelitian ini. Karena Lebih dari 100 trilyun mikroorganisme alami berkembang dalam tubuh manusia, pada studi lain menunjukkan bahwa itu adalah menguntungkan untuk memiliki pertumbuhan mikroorganisme dalam mulut Anda, karena sangat penting untuk mencerna makanan, sintesis nutrisi dan melindungi terhadap penyakit.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7251 seconds (0.1#10.140)