Bumil Sesak napas, Normalkah?

Kamis, 20 November 2014 - 13:45 WIB
Bumil Sesak napas, Normalkah?
Bumil Sesak napas, Normalkah?
A A A
Pada usia tujuh bulan kehamilannya, Rima masih terbilang aktif, baik di rumah maupun di kantor. Hanya tak dimungkiri, dia mudah lelah dan napasnya sering sesak. Kalau sudah begitu, dia harus mengatur napas, bahkan beristirahat beberapa saat.

Normalkah ini? Ya, memasuki trimester ketiga khususnya usia tujuh bulan, ibu hamil kerap mengeluh sesak napas dan mudah lelah. Namun ibu hamil tak perlu khawatir, sebab menurut spesialis kebidanan dan kandungan dr Prima Progestian, kondisi tersebut wajar mengingat usia kandungan yang semakin besar.

“Selain itu, faktor usia ibu juga turut berpengaruh. Semakin bertambah usia, tubuh akan menjadi kurang bugar karena kesibukan yang padat dan tidak ada waktu untuk berolahraga,” ujar dokter yang praktik di RSIA Muhammadiyah Taman Puring itu. Adapun dari sisi fisiologi, semakin besar kandungan, otomatis akan memenuhi tempat dalam perut yang juga makin terbatas.

Keadaan ini berdampak pada diafragma batas antara rongga dada dan rongga perut, menjadi terangkat dan terdesak. Inilah yang menyebabkan ibu hamil jika melakukan aktivitas ringan sekalipun, cepat sekali merasa sesak. Diafragma yang naik, membuat napas calon ibu menjadi cepat sekaligus pendek sehingga akhirnya sesak.

Terlebih jika ibu mengandung bayi kembar. Perut menjadi lebih besar yang akan menimbulkan permasalahan lebih pada pernapasannya. Bukan hanya itu, kondisi diafragma yang terdesak juga akan menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Umumnya terjadi pada ibu hamil yang bekerja dengan posisi duduk yang tidak tegak atau bungkuk.

Posisi duduk yang bungkuk akan menimbulkan benturan antara rahim dan tulang iga yang mengakibatkan nyeri dan napas pendek. Sering sesak juga dapat menyebabkan haus karena tubuh mengeluarkan uap yang dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk mengatasinya, Prima menyarankan berolahraga sekitar 300 menit per minggu.

Sri noviarni
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7404 seconds (0.1#10.140)