Makan dengan Tangan Lebih Sehat?

Jum'at, 21 November 2014 - 09:32 WIB
Makan dengan Tangan...
Makan dengan Tangan Lebih Sehat?
A A A
SAAT ini, telah menjadi praktik umum bahkan menjadi kebiasaan masyarakat kota-kota besar di Indonesia, makan dengan menggunakan sendok garpu, sendok atau pisau dan garpu, yang disesuaikan dengan hidangannya. Hal ini dianggap lebih modern, higienis dan nyaman, namun kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ada alasan di balik makan makanan dengan menggunakan tangan.

Makan dengan tangan makanan dianggap seseorang adalah praktek kuno, seperti kembali ke zaman Weda. Menurut ajaran Veda, angka pada jari-jari kita dan jari kaki mewakili lima unsur. Hal ini diyakini bahwa lima elemen ini bekerja pada makanan, membersihkan itu dari setiap getaran negatif dan yang mempersiapkan makanan untuk dimakan.

Adapun manfaat makan dengan tangan, dikutip dari healthmeup, antara lain ;

- Menyentuh. Tidak seperti ketika makan dengan sendok atau garpu, jari-jari tangan bersentuhan dengan makanan sebelum Anda memasukkannya ke dalam mulut Anda. Ujung saraf di jari-jari Anda merasakan suhu dan tekstur makanan, sehingga mempersiapkan otak untuk menerima respon untuk makan dan memicu pelepasan cairan pencernaan yang tepat dan enzim.

Selain itu, mulut tidak akan kepanasan ketika Anda makan dengan tangan, karena jari-jari Anda akan dapat merasakan jika makanan terlalu panas untuk makan. Ketika Anda makan dengan sendok atau garpu, makanan langsung dari piring ke mulut, sehingga mungkin tidak menyadari jika terlalu panas.

- Bakteri. Tubuh diperkirakan memiliki jenis tertentu bakteri yang bisa melindungi dari bakteri berbahaya di lingkungan. Bakteri ini berada di tempat-tempat seperti tangan, mulut, tenggorokan, usus, usus dan sisanya dari sistem pencernaan. Ketika makan dengan tangan, pola bakteri dipertahankan dan Anda dilindungi dari bakteri berbahaya. Tentu saja, penting bagi Anda untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, untuk memastikan tetap bersih dan higienis.

- Perhatian dan kepuasan. Bila Anda makan dengan sendok garpu, itu adalah proses yang lebih mekanis daripada ketika makan dengan tangan. Ketika makan dengan tangan, Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang Anda makan.

Tidak hanya makanan lebih banyak dan menikmati lebih baik, Anda juga lebih menyadari apa yang Anda makan dan berapa banyak. Makan mindless merupakan salah satu penyebab terbesar dari kenaikan berat badan, karenanya makan dengan terkontrol adalah pilihan yang lebih sehat.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)