Hari Televisi Sedunia Diperingati Hari ini

Jum'at, 21 November 2014 - 11:52 WIB
Hari Televisi Sedunia Diperingati Hari ini
Hari Televisi Sedunia Diperingati Hari ini
A A A
TAHUKAH Anda, 21 November diperingati sebagai Hari Televisi Sedunia ini sesuai dengan keputusan Majelis Umum PBB pada bulan Maret 1998. Meskipun, dalam pengambilan suara terkait tentang resolusi ini terdapat 11 abstain.

Kelompok mengekspresikan sikap oposisinya, pada waktu itu diantaranya delegasi Jerman. Dia menganggap bahwa telah ada hari peringatan yang sejenis, Hari Pers Sedunia, Hari Telekomunikasi Sedunia, dan Hari Pengembangan Informasi Sedunia.

Mereka menganggap, televisi hanya satu cara dalam mengakses informasi di mana saat ini sulit diakses di sebagian besar populasi dunia. Bagi mereka yang tidak memiliki akses televisi akan menganggap bahwa Hari Televisi Sedunia adalah hari milik orang kaya. (Sumber. Wikipedia)

Siaran televisi diawali di BBC Inggris tahun 1936. Bagi masyarakat Indonesia, televisi menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah bangsa, terutama saat terjadinya reformasi politik. Untuk di Indonesia sendiri, pada tahun 1962 menjadi tonggak pertelevisian dan mulai beroperasinya TVRI menjadi sebagai satu-satunya stasiun televisi nasional. Pada masa orde baru TVRI konsisten menyiarkan berita keberhasilan Presiden Soeharto.

Kemudian, seiring dengan keluarnya Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor : 190 A/ Kep/ Menpen/ 1987, pada tanggal 24 Agustus 1989 televisi swasta, RCTI, resmi mengudara, dan tahun-tahun berikutnya bermunculan stasiun-stasiun televisi swasta baru, berturut-turut adalah SCTV (tahun 1990), TPI ( tahun 1991), Anteve (tahun 1993), Indosiar (tahun 1995), Metro TV (tahun 2000), Trans TV (tahun 2001), dan Lativi (tahun 2002). Selain itu, muncul pula TV global dan TV 7. jumlah stasiun televisi swasta Nasional tersebut belum mencakup stasiun televisi lokal dan regional.

Maraknya stasiun televisi swasta membawa banyak dampak dalam kehidupan masyarakat, baik positif atau negatif. Kehadiran mereka pun sering menimbulkan pro dan kontra dalam masyarakat.

Pada satu sisi masyarakat dipuaskan oleh kehadiran mereka yang menayangkan hiburan dan memberikan informasi, namun di sisi lain mereka pun tidak jarang menuai kecaman dari masyarakat, karena tayangan-tayangan televisi yang kurang bisa diterima oleh masyarakat ataupun individu tertentu. Bagaimanapun juga, televisi telah menjadi sebuah keniscayaan dalam masyarakat dewasa ini. Selamat Hari Televisi! (Berbagai sumber).
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5014 seconds (0.1#10.140)