TB Bisa Menyerang Anak-Anak

Rabu, 26 November 2014 - 16:57 WIB
TB Bisa Menyerang Anak-Anak
TB Bisa Menyerang Anak-Anak
A A A
DEPOK - Penyakit tuberkulosis (TB) bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Tapi, meski tergolong mematikan, penyakit ini bisa disembuhkan.

Kelompok pasien TB anak adalah usia dari 0—4 tahun. Gejalanya batuk selama 3 pekan atau lebih dan nyeri dada, berat badan anak tidak naik walaupun gizinya telah ditambah, tidak nafsu makan, demam tanpa sebab yang jelas selama 2 pekan atau lebih.

"Penentuan TB pada anak dilakukan oleh dokter dengan menggunakan sistem skoring (penilaian)," ujar ahli paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Anna Rozaliyani, MBiomed, SpP di Balai Kota Depok, Rabu (26/11/2014).

Gelaja umum TB juga termasuk berkeringat tanpa sebab pada waktu tidur malam hari. Meski begitu, dengan diagnosa yang tepat dan pengobatan yang teratur, penyakit ini bisa disembuhkan.

"TB bisa sembuh, semakin cepat didiagnosis dan diobati hasilnya lebih baik. Minum obat juga jangan malas-malasan selama enam bulan. Masyarakat coba buka mata dan telinga jika ada penderita TB di daerahnya diajak baik-baik agar mau berobat periksakan diri,” papar Anna.

Menurut Anna, untuk mencegah penularan TB, maka penderita hendaknya menutup tutup mulut ketika batuk dan bersin, membuang dahak pada tempat yang tepat. Selain itu, dia juga harus minum obat secara teratur dan tinggal di rumah dengan ventilasi yang baik.

"TB bukan kutukan dan bukan juga keturunan, tetapi penularannya dari udara. TB bisa disembuhkan. Lagi sakit harus pakai masker. Sebab sekali batuk kuman yang keluar 100.000—1 juta kuman," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6329 seconds (0.1#10.140)