Desain Konvensional Sang Ikon Amerika

Kamis, 27 November 2014 - 11:01 WIB
Desain Konvensional Sang Ikon Amerika
Desain Konvensional Sang Ikon Amerika
A A A
CHRYSLER menghadirkan edisi terbaru Chrsyler 300 dengan tiga varian yang sangat unik, yakni Chrysler 300C, Chrsyler 300S, dan Chrysler 300C Platinum.

Chrysler 300C pertama kali mendebut ke dunia pada 60 tahun yang lalu. Namun, percayakah Anda selama 60 tahun tersebut desain Chrysler 300C tidak pernah mengalami perubahan radikal. Selama 60 tahun, Chrysler hanya melakukan perubahan dengan perlahan-lahan.

Termasuk ketika mereka menghadirkan model tersegar Chrysler 300 di ajang Los Angeles Auto Show 2014. Kasatmata sulit bagi Anda merasakan bahwa mobil ini adalah mobil pengganti Chrysler 300 lama. Bagian eksteriornya memang malah tidak mengalami perubahan radikal. Chrysler justru mengadopsi desain grilleChrysler 300 yang keluar pada 2005. Grilledibuat sebesar mungkin seperti mulut yang menganga.

Perbedaannya, jika dulu bentuk saluran udara dibuat kotak-kotak, kini saluran udara diisi oleh sarang tawon yang tingkat kerapatannya semakin baik, bergantung varian. Satu hal lagi yang membedakan, yaitu penggunaan sayap terbang Chrysler yang kini dibuat sangat besar. Sayap tersebut terbentang hampir sama panjangnya dengan grille. Di bagian ini pun Anda akan melihat satu hal yang unik, di mana lampu spion justru diletakkan dekat dengan roda depan.

Bisa jadi cuma Chrysler yang melakukan hal sekontroversi tersebut. Perubahan di bagian belakang justru lebih menarik. Desainnya justru lebih terasa modern dan dinamis ketimbang Chrysler 300 lama. Desain lampu belakang malah sedikit mengingatkan desain lampu belakang Rolls-Royce Phantom. Begitu juga dengan desain mufflerganda yang sekali lagi mengingatkan pada mobil yang dibuat di Goodwood, Inggris, tersebut. Bagian lain yang tampak beda adalah penempatan ekor bebek di bagian belakang.

Penambahan ekor bebek ini semakin besar ketika ditaruh di varian Chrysler 300S, yang memang berorientasi pada kemampuan sport. Chrysler 300 memang terdiri atas tiga varian, yakni Chrysler 300C sebagai varian standar, Chrsyler 300S yang disetel dengan kemampuan sport lebih baik, dan Chrsyler 300C Platinum yang memiliki kelengkapan supermewah. Hal-hal seperti inilah yang dilakukan oleh Chrysler dalam menyegarkan Chrysler 300. Mereka merasa perlu merapikan susunan varian.

Setelah itu, mereka juga merapikan bagian dalam mobil ini. Sebab, menurut mereka, bagian eksterior Chrysler 300 sudah ikonik alias langgeng hingga akhir zaman. Adapun yang perlu diperbaiki, yaitu bagian dalam. Inilah alasan mereka melakukan perubahan yang menurut cukup radikal. Pertama, mereka memberikan transmisi baru, yakni 8 percepatan otomatis. Transmisi ini menggantikan transmisi 5 percepatan otomatis yang sudah sangat usang.

Kemudian, tuas transmisi yang berbentuk huruf T pun dipangkas diganti dengan tuas transmisi rotary. Tuas berbentuk lingkaran ini mirip dengan tuas yang ada di Jaguar dan Range Rover. Memang tidak baru, tapi menghadirkan simplisitas yang elegan. Palang kemudi juga ikut diubah. Kini, palang kemudi yang ada di Jeep Grand Cherokee dipasang di mobil ini lengkap dengan sentuhan kulit. Di depan palang kemudi kini hadir kluster info berkendara yang hadir dengan ukuran 7 inci. Ukuran kabin pun diperluas dibanding Chrysler 300C lama.

Untuk memaksimalkan ruangan di bagian belakang, kursi bagian depan pun bisa dilipat hingga maju ke depan sehingga penumpang di kursi belakang mendapatkan ruang kaki yang lebih lega. Agar aktivitas bisnis tetap berjalan 24 jam, mobil ini pun difungsikan menjadi sebuah hotspotberjalan. Smartphoneyang dimiliki penumpang pun bisa dialihgunakan untuk membuka dan menyalakan mobil dari jarak jauh.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6395 seconds (0.1#10.140)