Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Selasa, 02 Desember 2014 - 09:54 WIB
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan
Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan
A A A
JIKA tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan, mungkin Anda sedang mengalami radang tenggorokan. Sakit atau radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu.

Sakit tenggorokan biasanya akan sembuh dengan sendiri, meski pada beberapa kasus ada yang berkembang menjadi serius. Namun Anda tidak perlu cemas. Beberapa cara pengobatan sederhana yang mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah antara lain :

1. Perbanyak minum air
Memenuhi dan menjaga kebutuhan cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, apalagi jika saat ini Anda tengah mengalami sakit tenggorokan atau radang. Terpenuhinya jumlah cairan dalam tubuh akan menjaga membran mukus tetap lembab, sehingga perlawanan terhadap bakteri atau alergen menjadi lebih kuat, begitupula kemampuan tubuh dalam melawan ancaman gejala flu lainnya. Untuk itu, cukupi kebutuhan cairan anda dengan baik, namun jika anda bosan dengan air putih, sesekali anda bisa menyelanginya dengan teh hangat atau air jahe.

2. Minum obat anti inflamasi
Cara paling efektif dalam mengatasi sakit atau radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid, seperti tablet yang mengandung ibuprrofen. Tablet dengan kandungan ibuprofen akan dengan mudah anda jumpai di apotek dan toko obat. Bukan saja dapat mengatasi radang, obat ini akan mampu menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan.

3. Istirahat yang cukup
Istirahat merupakan solusi paling bijak untuk mengatasi segala keluhan dalam tubuh termasuk ketika sakit tenggorokan. Munculnya keluhan pada tubuh bisa menjadi tanda bahwa tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Bukan saja mudah, istirahat terbukti dapat menurunkan rasa sakit pada tenggorokan, sebab pada umumnya pemicu sakit tenggorokan dipicu oleh virus influenza yang dapat diatasi sendiri oleh tubuh ketika tubuh mendapatkan istirahat yang cukup.

4. Konsumsi antibiotik
Pada umumnya penyebab sakit tenggorokan dipicu akibat bakteri, biasanya bakteri yang menjadi sumber penyebab sakit tenggorokan adalah bakteri Streptococcus pyogenes. Dengan demikian solusinya tak lain adalah dengan pemberian antibiotik. Untuk memastikan penyebab infeksi, ada baiknya jika anda mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu yang dilakukan oleh dokter. Jika pada akhirnya anda diberikan obat antibiotik maka jangan lupa untuk menghabiskannya.

5. Berkumur dengan air garam
Meskipun terdengar kuno, namun berkumur dengan air garam akan lebih efektif dan lebih cepat dalam melegakan sakit tenggorokan. Disamping sebagai antiseptik, garam memiliki sifat dalam membersihkan lendir pada tenggorokan tempat bersarangnya bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan serta dapat meredakan rasa sakit.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8310 seconds (0.1#10.140)