Yang Perlu Diketahui Sebelum Donor Darah!

Rabu, 03 Desember 2014 - 06:34 WIB
Yang Perlu Diketahui Sebelum Donor Darah!
Yang Perlu Diketahui Sebelum Donor Darah!
A A A
DONOR darah adalah salah satu tindakan yang sederhana dan tanpa pamrih memberikan pertolongan kepada masyarakat. Darah yang Anda berikan dapat membantu menyelamatkan kehidupan dan memberikan sedikit hal yang bermanfaatkan dalam waktu yang singkat.

Darah yang disumbangkan ini berguna untuk memulihkan dengan cepat dan tidak menyebabkan kesehatan tubuh Anda menurun. Tetapi, saat akan donor darah Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut adalah beberapa perlu diketahui pada saat akan donor darah sebagaimana dikutip dari healthmeup.

1. Pelajari tentang pusat donor darah
Ada sejumlah bank darah yang menjadi tuan rumah donor darah beberapa kali dalam setahun. Jika Anda ingin menyumbangkan darah, Anda dapat meneliti jadwal lembaga pelaksana donor darah ini atau mendaftar kepada mereka, sehingga lembaga tersebut menghubungi Anda setiap kali ada kebutuhan. Selain bank darah, ada juga sejumlah yang lembaga donor darah. Ingatlah untuk selalu melakukan pemeriksaan latar belakang pada keaslian organisasi Anda menyumbangkan darah untuk.

2. Jangan donor darah pada saat lapar
Pusing dan melayang adalah efek samping yang umum setelah donor darah. Dalam rangka memerangi itu, pastikan Anda makan dengan baik sebelum Anda menyumbangkan darah. Juga, ingat untuk minum cukup atau cairan untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Jika Anda telah merencanakan ini untuk donor darah, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi selama beberapa hari sebelum Anda menyumbangkan darah. Jadi, Anda tidak akan merasa sangat lemah usai donor darah.

3. Melakukan check up sebelum donor darah
Sebelum mendonorkan darah, seorang profesional kesehatan akan memeriksa Anda untuk beberapa aspek sebelum diputuskan apakah Anda layak untuk menyumbangkan darah. Mereka akan memeriksa berat badan Anda, tingkat hemoglobin, tekanan darah, riwayat medis dan kemudian mereka akan menetapkan Anda sebagai pendonor. Kriteria berikut harus dipenuhi agar seorang individu untuk memenuhi syarat sebagai donor darah.

Umur : 18-60 tahun
Berat : 45kg atau lebih
Hemoglobin: minimum 12.5% gm
Riwayat kesehatan: Donor harus sehat dan tidak menderita penyakit kronis.

4. Istirahat segera setelah donor darah
Total proses donor darah akan memakan waktu 10 sampai 15 menit. Mereka akan mengumpulkan sekitar 350 ml darah dalam satu sumbangan. Anda akan berbaring atau duduk selama prosedur ini. Adalah penting bahwa Anda bersantai setelah ini. Anda mungkin menderita dari beberapa efek samping seperti pusing, sehingga dianjurkan agar Anda beristirahat menjalani donor darah.

5. Makan setelah donor darah
Untuk mengembalikan cairan yang hilang dan mengalahkan pusing, Anda harus makan dan minum segera setelah Anda menyumbangkan darah. Minum jus atau banyak air, karena hal ini akan mengisi cairan yang hilang dengan cepat. Jauhi kafein dan alkohol sepanjang hari.

6. Jangan memaksakan diri setelah donor darah
Jika Anda tidak merasa lemah, ingat bahwa donor darah akan mempengaruhi fungsi-fungsi normal tubuh Anda untuk setidaknya satu hari. Setelah menyumbangkan darah, jangan memaksakan diri dalam kegiatan tubuh mengerahkan energi seperti berolahraga, belanja dan sebagainya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9125 seconds (0.1#10.140)