Mewah, Elegan dan Perkasa

Kamis, 04 Desember 2014 - 10:20 WIB
Mewah, Elegan dan Perkasa
Mewah, Elegan dan Perkasa
A A A
Subaru Outback 2015 akhirnya melakukan debut perdana di kawasan Asia Tenggara. Mobil keluarga ini semakin siap untuk berperang di medan berat. Generasi kelima Subaru Outback yang baru saja melakukan debut perdana di kawasan Asia Tenggara pada ajang Thailand Motor Expo 2014 akhir November lalu tetap berpegang teguh pada prinsip fungsionalitas dan orientasi keluarga.

Itulah alasan tampilan luar Subaru Outback memang tidak terlalu liar. Mobil ini memang seolah masih mengikuti tren SUV masa kini yang semakin streamline. Hanya, bagian depan mobil ini masih terasa kaku karena arah mobil ini bukanlah sebuah SUV, tapi wagon. Selain itu, bagian ini diisi oleh grille Subaru yang tidak begitu imajinatif.

Alhasil, tampilan keseluruhan mobil ini sangat kalem meskipun garisgaris luar yang dinamis berusaha meredam kekakuannya. Uniknya, meski grille depan mobil ini tidak imajinatif sama sekali, grille tersebut justru punya fungsi unik. Grille tersebut bisa tertutup dan terbuka dengan otomatis guna meningkatkan aerodinamika sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih baik.

Setali tiga uang, bagian dalam mobil ini pun tidak terlalu wah. Sepertinya, Subaru memang memilih mengedepankan fungsi ketimbang bentuk. Tombol-tombol justru lebih banyak ditemukan di palang kemudi ketimbang di dashboard. Pemilihan warna two-tone memang membuat dashboard terasa lebih mahal.

Apalagi didukung ornamen kayu yang memang berkualitas tinggi. Apalagi kualitas material yang dipilih benar-benar bermutu tinggi. Misalnya seluruh bodi panel bagian dalam dibungkus oleh bantalan. Hanya, layout dashboard masih terasa konvensional. Tapi seperti di bagian grille, bagian dashboard ini memberikan hal unik. Misalnya dual slot USB yang dipasang di dekat tuas transmisi.

Karena orientasinya pada fungsionalitas, Subaru Outback melakukan beberapa penyegaran pada dimensi mobil. Sebenarnya, mobil ini dimensinya tetap sama dengan yang lama. Hanya, ukuran jadi terasa lebih besar karena pemaksimalan ruangan saja. Salah satu bagian yang paling menarik adalah bagasi.

Layaknya wagon, Subaru Outback memiliki daya angkut bagasi yang sangat besar. Bahkan jika baris kedua direbahkan, isi bagasi meningkat drastis. Untuk pilihan mesin Subaru menyediakan dua mesin bensin BOXER 4- silinder 2.55-liter (175 daya kuda) dan 6- silinder 3.6-liter (256 daya kuda).

Subaru Outback 2015 akan tersedia dalam trim Standard, Premium, dan Limited. Semuanya dikencani oleh transmisi Lineartronic CVT (continuously variable transmission ). Konsumsi bensin Subaru Outback FWD 2015 lebih baik daripada model sebelumnya dari 11 km/l menjadi 11,9 km/l Subaru Outback 2015 bermesin 6- silinder pun lebih hemat BBM.

Catatan konsumsi BBM Outback 2015 6-silinder 9,3 km/l, di mana lebih baik dari model sebelumnya 8,5 km/l. Beberapa teknologi keselamatan yang digendong oleh Outback 2015 yang mereka sebut EyeSight Technology. Teknologi ini merupakan kumpulan fitur, seperti Lane Change Assist (mendeteksi kendaraan cepat yang mendekat di jalur berdekatan), blind spot, rear cross traffic alert (mendeteksi kendaraan lain yang mendekat dari arah tegak lurus ketika Outback sedang mundur).

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8420 seconds (0.1#10.140)