FXXK, LaFerrari Versi Balap

Minggu, 07 Desember 2014 - 10:02 WIB
FXXK, LaFerrari Versi...
FXXK, LaFerrari Versi Balap
A A A
Markas Ferrari di Maranello, Italia, menggemparkan dunia dengan membuat sebuah mobil hybrid bertenaga super dalam bentuk FXXK. Sebelumnya FXXK dikenal dengan sebutan LaFerrari XX, yang mengambil basis mobil LaFerrari.

Secara garis besar, mobil ini tidak memenuhi standar untuk digunakan di jalan umum. FXXK menggunakan mesin V12 ditambah mesin elektrik, yang memberi daya tambahan sehingga total tenaga yang dihasilkan mencapai 1.036 daya kuda (dk). Penjelasannya seperti ini, tenaga 848 dk berasal dari mesin V12, 6.300 cc naturally aspirated tanpa turbo.

Sementara, mesin listriknya memberikan tenaga tambahan hingga 187 daya kuda. Tenaga maksimal dapat dicapai pada putaran 9.200 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 900 Nm. Desainnya menyiratkan mobil kencang, desain bumper dengan lubang udara yang besar. Doubledeck spoiler bersirip vertikal pada bumper belakang mampu meningkatkan traksi mobil ke aspal ketika dalam kecepatan tinggi.

Desain side skirt baru di sisi bodi, bagian buritan yang lebih tinggi, kini dilengkapi mini rear spoiler di kedua sisi. Ferrari mengatakan peningkatan downforce hingga 50 persen dibandingkan LaFerrari standar. Huruf K pada penamaannya berarti kinetic energy recovery system (KERS) atau Ferrari menyebutnya HY-KERS, yang mampu meningkatkan performa di lintasan.

HY-KERS memiliki empat mode yang biasa dipilih melalui lingkar kemudi, qualify untuk performa maksimal, long run , manual boost, dan fast charge . Ferrari FXXK ditampilkan menjelang acara Finali Mondiali di Abu Dhabi. Menurut Topgear , harga Ferrari FXXK ditaksir di kisaran £2 juta atau sekitar Rp38 miliar.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)