Jet Darat Kelas Satu

Kamis, 11 Desember 2014 - 08:24 WIB
Jet Darat Kelas Satu
Jet Darat Kelas Satu
A A A
MERCEDES-BENZ menghidupkan kembali lini produk Maybach lewat produk baru Mercedes- Maybach S600. Mobil ini sangat cocok diibaratkan dengan sebuah pesawat jet pribadi yang berjalan di darat.

Ketika Mercedes-Benz mematikan lini produk Maybach pada dua tahun lalu, banyak penggemar setia Maybach kecewa. Mereka merasa Mercedes-Benz sengaja melakukan hal tersebut karena mobil termewah mereka, Mercedes- Benz S-Class, sudah kalah mewah. Uniknya, dua tahun berselang Mercedes-Benz justru menghidupkan kembali lini produk tersebut dengan menggabungkannya dengan nama Mercedes-Benz.

Kini, Mercedes dan Maybach jadi satu nama dalam produk yang mereka sebut Mercedes-Maybach. Mercedes pun tidak perlu ragu lagi membuat Maybach jadi produk termewah karena toh kini Maybach adalah Mercedes. Kini, Mercedes-Maybach S600 jadi sebuah puncak kemewahan yang bisa diberikan Mercedes-Benz. Untuk mengoptimalisasi kemewahan tersebut, mereka pun mengubah dimensi Mercedes-Benz S-Class jadi lebih besar lagi.

Mercedes-Maybach S600 memiliki dimensi panjang 5.453 mm (lebih panjang 207 mm dari Mercedes-Benz SClass Saloon) dan wheelbase 3.365 mm. Untuk lebar, Mercedes-Maybach S600 ebih lebar 20 cm dari Mercedes-Benz SClass. Alhasil, ruangan penumpang di belakang lebih roomy dan lebih lega. Dari sektor eksterior yang membedakan antara Mercedes-Benz SClass dan Mercedes-Maybach memang hanya dimensi. Tidak ada yang berbeda dari segi desain, mulai desain lampu belakang dan depan yang full LED.

Perbedaan hanya pada ornamen, misalnya pilar C yang dibuat lebih pendek sehingga pilar B jadi lebih panjang dan membuat kaca mobil di bagian ini jadi lebih lebar. Di pilar C juga disematkan logo Maybach. Di bagian belakang mobil terdapat tulisan Maybach sebagai pembeda antara Mercedes-Benz dan Mercedes-Maybach. Selain itu, Mercedes-Maybach menggunakan kaca panoramic di bagian atap yang terbentang dari kursi pengemudi hingga penumpang di bagian belakang.

Begitu masuk ke dalam, perbedaannya jelas lebih terasa. Memang tidak begitu dominan di bagian kursi pengemudi, namun di bagian penumpang jelas sekali perbedaannya. Bagian penumpang diberikan jok eksekutif yang dibuat terpisah. Setiap jok diberikan bantal khusus berlogo Maybach. Di antara jok satu dan jok kedua diberikan pembatas yang menyambung hingga konsol pendingin udara.

Menariknya, pembatas ini justru menyimpan dua buah meja portable yang bisa dilipat. Meja ini bisa digunakan untuk bekerja dan makan. Begitu juga di bagian tengah pembatas, jika dibuka, maka tersedia dua buah gelas khusus buatan Robbe & Berking. Gelas ini bisa didinginkan dan dipanaskan secara otomatis. Di mana minumannya? Di bagian atas pembatas ini tersimpan rapi kulkas mini yang bisa menyimpan dua botol minuman. Jadi, tinggal buka dan minum jika memang mau.

Jika lelah, jok eksekutif ini bisa dimiringkan sampai 43,50 derajat. Lebih nyaman lagi dengan adanya sandaran untuk betis. Untuk posisi tegak bisa sampai 190 sehingga mereka bisa bekerja sambil berjalan. Dengan mesin V12, tentu suara yang dihasilkan akan sangat berisik. Mercedes-Maybach mengklaim tingkat kekedapan mobil ini ada dalam kategori fantastis.

Mereka malah mengatakan mobil ini adalah mobil paling kedap sedunia. Untuk fitur keselamatan, Mercedes- Maybach S-Class dilengkapi berbagai fitur keamanan dan keselamatan tingkat dewa, mulai sistem berkendara pintar PRE-SAFE, pedestrian detection, distronic plus dengan steering assist , stop&go pilot, brake assist bas plus dengan cross-traffic assist, active lane keeping assist, adaptive highbeam assist plus, dan night view assist plus .

Mercedes-Maybach S-Class akan mulai dipasarkan pada Februari 2015. Model teratas Mercedes-Maybach S 600 dilengkapi mesin 5.980cc V12 biturbo yang melontarkan tenaga 530 hp dan torsi maksimum 830 Nm pada 1.900 rpm. Juga tersedia Mercedes-Maybach S 500 yang disokong gudang otot 4.663cc V8 biturbo yang menyemburkan tenaga 455 hp dan torsi 700 Nm.

Mercedes- Maybach S 600 dibantu dengan transmisi otomatis 7G-TRONIC, dan tipe terbawah Mercedes-Maybach S 500 diperkuat transmisi otomatis 9GTRONIC. Mercedes-Maybach S 600 memiliki kemampuan bergerak dari 0- 100 km/jam 5 detik dan memiliki kecepatan maksimal 250 km/jam.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5871 seconds (0.1#10.140)