Hari Belanja Online Nasional

Jum'at, 12 Desember 2014 - 10:30 WIB
Hari Belanja Online Nasional
Hari Belanja Online Nasional
A A A
Hari ini, Jumat, 12 Desember adalah hari belanja online, dan hari seru ini tahun ini sudah tahun ke tiga loh ! Mungkin perayaan ini belum begitu dikenal masyarakat yang luas, tapi sepertinya sih asyik banget.

Buat seorang perempuan, belanja, baik yang tradisional sampai yang paling canggih, pasti asyik-asyik aja sebelum benarbenar habis, rasanya sulit sekali berhenti Kecanggihan dunia maya, berhasil membuat dunia menjadi begitu kecil. Hanya dengan sedikit ‘’ senam jari ‘’, barang apapun yang ada di seluruh penjuru dunia , jadi tidak ada yang mustahil lagi.

Praktis, minim biaya transportasi, energi dan penghematan waktu. adalah sedikit dari banyak keuntungan membeli online. Di era yang semakin hari, teknologi semakin canggih, paperless, cashless membuat belanja online menjadi booming. Sebuah penelitian menyatakan angka pertumbuhan ritel online Indonesia tahun 2015 akan bertambah 20 % dari 2014.

Saya sih amat sangat percaya hal ini akan terjadi, mengingat kondisi geografis Indonesia yang gugusan kepulauan yang sangat luas dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang belum merata. Pertumbuhan kelas menengah yang besar , membuat semakin banyaknya orang Indonesia yang punya uang lebih untuk dibelanjakan, baik itu kebutuhan dasar maupun kebutuhan menikmati hidup.

Banyak banget hal-hal yang dulu belum jadi kebutuhan bagi suatu kelompok masyarakat, tapi karena adanya perkembangan teknologi dan perkembangan zaman, sesuatu barang, akan menjadi kebutuhan dasar. Rasanya lima tahun yang lalu, masyarakat suku anak dalam, tidak pernah berpikir akan membawa kemana-mana gadget yang bernama handphone… sekarang rasanya tidak ada orang yang tidak punya handphone sekalipun mereka tinggal di daerah terisolasi.

Saya pernah melihat sendiri, seorang anak kecil dari suku anak dalam, memegang handphone bukan buat digunakan, tapi buat jadi ‘’ mainan ‘’. Lima tahun yang lalu, mungkin terminologi berlibur adalah hal yang asing buat sekelompok suku Dayak di pedalaman Kalimantan.

Booming bisnis pertambangan besar-besaran di pedalaman Kalimantan, membuat mereka ‘’ memegang ‘’ uang dalam jumlah yang berlebihan , dan teknologi informasi memperkenalkan mereka banyak gaya hidup yang baru, yang selama ini rasanya tidak pernah mereka bayangkan, salah satunya gaya hidup, berlibur.

Sekarang, mereka sering terlihat beramai-ramai berlibur di negeri seberang. Booming ekonomi juga membuat mereka semakin sadar akan perlunya menjaga kesehatan dan jika sampai sakit, mereka pasti ingin mendapatkan layanan pengobatan yang terbaik karena mereka merasa mampu untuk membayar itu semua.

Semua itu hanya sedikit dari banyak gaya hidup yang baru baru bisa mereka nikmati tepatnya. Kebutuhan tersebut semakin mudah didapatkan karena adanya jaringan internet dan komunikasi yang semakin hari semakin baik. Perlahan tapi pasti, dengan keberadaan smartphone yang menjadi gaya hidup dan prestige dalam kehidupan masyarakat, masyarakat jadi semakin akrab dengan teknologi komunikasi tercanggih dan internet, pastinya.

Membeli tiket pesawat , pesan kamar hotel, membeli gadget terbaru yang jadi impian , produk fashion terkini, menjadi terlihat begitu mudah, semudah menggenggam segala sesuatunya di genggaman tangan. Kehidupan di pedalaman yang tadinya terasa begitu membosankan, jadi asyik banget. Ini pernah banget saya rasakan waktu saya tinggal di Kabupaten Tebo di Jambi.

Meski letaknya ditempat yang seumur hidup, saya tidak pernah membayangkan akan pernah tinggal, tapi garis kehidupan mengharuskan saya pernah tinggal di sana, Jaringan internet yang oke banget, adalah penyelamat hidup dari mati kebosanan dan bisa belanja online adalah hiburan terindah selama di sana.

Saking seringnya berbelanja dan ada pengiriman barang ke rumah saya, Petugas Tiki dan Pak Pos adalah tamu yang paling sering berkunjung ke rumah saya, dan kedatangan mereka sangat dinanti...

Meskipun tinggal di pedalaman, saya jauh dari minder, karena saya tetap bisa membaca novel terbaru yang baru rilis, bisa pamer baju baru yang lagi hits di kalangan sahabat-sahabat saya di Jakarta, membeli kosmetik kesayangan saya, jadi meski saya tinggal di dusun, saya tetap amat sangat terawat dan setiap chatting bbm, saya bukanlah orang yang ‘’ kudet ‘’ a.k.a kurang update malah boleh dibilang, meski tinggal di udik, rasanya , saat itu ‘’ koleksi mainan ‘’ saya tidak kalah dengan koleksi sahabat-sahabat saya.

Kemajuan teknologi membuat lokasi dan jarak tempuh bukanlah masalah lagi, meski seseorang tidak lah bisa leluasa berpergian dari dan ke suatu tempat atau kota, semua itu tidak lagi jadi kendala. Setelah tidak lagi tinggal di dusun Tebo, pindah ke Jakarta, keusilan saya tidak lah berkurang malah bertambah, justru jadi semakin jauh jangkauannya dan semakin akut.

Setiap ada online site yang lagi hits dan jadi perbincangan majalah-majalah fashion kelas dunia, rasanya jari ini sudah gatal banget pengen ‘’senam jari ‘’ ( saya menyebutnya ). Saya ini suka susah sekali mengendalikan diri menahan godaan kalau melihatonline shop yang disain dan tampilan templatenya menarik banget, cantik atau girly banget.

Pasti deh saya langsung membeli sesuatu dari online shop itu. Biasanya saya tidak berani langsung membeli barang-barang yang besar atau yang harganya mahal.

Saya biasanya memulai dari membeli barang-barang kecil ( dan biasanya enggak ada pentingnya )kalau barang itu berhasil sampai dengan selamat di rumah saya, dan barangnya yang sampai sesuai dengan gambar nya di website dengan kualitas yang baik, baru deh saya mau beli barang yang harganya lebih mahal, atau tepatnya semakin semangat untuk membeli lagi dan lagi dari website itu, a.k.a ketagihan. www.outnet.com, www.net-aporter.

com , www.bluefly.com , www.inseller.com adalah online shop internasional yang sering bikin saya ketagihan dan melek berjam-jam begadang di kamar saya, browsing , surfing selalu seru. Ketagihan beginian nih , rasanya bisa lebih parah daripada ketagihan barang yang paling terlarang sekalipun. Untungnya sampai detik ini saya belum pernah dirugikan , baik oleh seller lokal atau internasional.

Sering banget saya ikut-ikutan bukan karena saya membutuhkan barang tersebut, tapi semata karena saya penasaran banget mencobanya atau sering karena tampilannya yang cantik dan templatenya yang sederhana tapi ’’ user friendly ‘’ . satu sentuhan jari, semuanya bisa segera hadir di rumah saya, seru banget.

Saya senang sekali ikut lelang barang-barang fashion vintage di www.ha.com , website lelang barang-barang luxury accessories vintage , barangnya banyak banget yang limited edition, yang rasanya di flagship store nya pun bakalan sulit kita temui. Heritage layanannya sangat prima, dan memang mewakili kelasnya.

Saya juga tergila-gila sama www.etsy.com, situs yang menjual barang-barang handycraft atau produk-produk yang handmade, materialmaterial untuk handycraft. Kalau udah begini, saya suka kalap enggak jelas kalau melihat material membuat aksesoris yang lucu, membeli semua yang enggak penting demi kesenangan sesaat.

Sering banget kalau barangnya sudah datang, biasanya barangnya datang dari Amerika Serikat seminggu sampai dua minggu setelah pemesanan,saya baru ‘’ ngeh ‘’ kalau sebenarnya saya tidak butuh-butuh amat, barang-barang itu, karena sering , sebagian saya sudah punya, tapi warna atau motifnya berbeda.

Saya juga pelanggan setiap www.scrapbook.com ,buat membeli materialmaterial scrapbook ,hobby saya yang super akut itu, kalau sudah begini, yang complain asisten saya, karena saya mah tahunya main saja, ngeberantakin doang, giliran saya sudah selesai atau sudah bosan. She is the one who has to clean the mess.

Sampai detik ini, dia masih suka bertanya-tanya, ngapain juga beli kertas buat digunting-gunting sampai ke Amerika ? trus harus rela menunggu dua minggu. Untuk lokal, saya senang sekali download ebook di www.wayang.co.id. Belanja online itu, kapan saja, dari mana saja, apapun signature styleanda .

Belanja online pasti selalu asik. Saya pengen loh, suatu hari nanti, kalau ada waktu dan kesempatan, menulis buku pengalaman dan panduan shopping online di seluruh penjuru dunia. Semoga ya, kesampaian keinginan saya yang satu ini. Selamat hari belanja onlineya. Miss Jinjing. ?

Miss Jinjing
Konsultan Fashion
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5732 seconds (0.1#10.140)