Mitsubishi Eco Fun Drive Makassar Capai 20,1 Kilometer per Liter

Minggu, 14 Desember 2014 - 11:00 WIB
Mitsubishi Eco Fun Drive Makassar Capai 20,1 Kilometer per Liter
Mitsubishi Eco Fun Drive Makassar Capai 20,1 Kilometer per Liter
A A A
Mirage Eco Fun Drive digelar di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu 30 November 2014 oleh Bosowa Berlian Motor selaku distributor resmi mobil Mitsubishi dari Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Kompetisi irit-iritan city car itu dimenangkan oleh seorang mahasiswa bernama Arifin Raseng yang menggunakan mobil Mirage bertransmisi otomatis. Catatan konsumsi bahan bakar Mirage milik Arifin adalah 20,1 kilometer per liter. Sementara itu, untuk jenis transmisi manual, pemenangnya adalah seorang karyawan swasta bernama Muhammad Agus, yakni 17,7 km/liter.

Arifin mengatakan, meski eco fun drive ini adalah kompetisi, ia tidak melakukan perlakuan khusus terhadap mobilnya. Pendingin kabin dihidupkan seperti saat berkendara sehari-hari. Ia pun mengajak keluarganya sehingga kendaraan tidak kosong. Sehari-hari Arifin bisa membawa kendaraannya ke kampus di Makassar. Sementara itu, pemenang pertama untuk jenis transmisi manual, M Agus, juga berkomentar sama.

Ia tidak melakukan perubahan khusus di mobilnya. Bahkan, velg mobilnya sudah diganti dengan bobot lebih berat daripada model standar pabrikan. Velg standarnya adalah 14, kini diubah menjadi 15 inci. Selain itu, knalpotnya sudah diganti dengan bobot lebih berat. “Saya sempat mengira perubahan ini bikin mobil saya jadi boros, tapi ternyata tidak,” kata pria berusia 44 tahun itu.

Rahasianya, dia selalu berusaha agar indikator eco di kendaraannya selalu menyala. Indikator tersebut menjadi pengarah kepada pengemudi untuk berkendara secara efisien. Agus menyebutkan, sehari-hari dia biasa menggunakan kendaraan tersebut untuk menemui klien di luar Kota Makassar.

Dalam sehari, kendaraannya bisa menjelajah 100 kilometer. Sebelum harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi naik, dia cukup mengeluarkan uang Rp50.000 untuk beraktivitas sehari-hari. Itu pun masih sisa. Ia juga mengaku pernah membawa mobilnya ke Toraja menempuh jarak sekitar 340 kilometer dari Kota Makassar. Untuk pergi-pulang, dia hanya mengeluarkan Rp220.000.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7331 seconds (0.1#10.140)
pixels