TMMIN Raih Proper Hijau

Kamis, 18 Desember 2014 - 11:56 WIB
TMMIN Raih Proper Hijau
TMMIN Raih Proper Hijau
A A A
KOMITMEN PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menerapkan pengelolaan kegiatan usaha berbasis lingkungan kembali mendapat apresiasi.

Kali ini pabrik milik TMMIN di Karawang (Karawang Plant) mendapat penghargaan Proper Hijau dari pemerintah. “Penghargaan ini memberikan semangat lebih besar lagi kepada keluarga Toyota Indonesia untuk menekankan aspek lingkungan atau environment concern dalam berbagai kegiatan produksi, termasuk meningkatkan optimalitas program corporate social responsibility (CSR),” kata Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Proper adalah Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup yang diluncurkan pemerintah sejak dua dekade lalu. Program ini bertujuan meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan lingkungan, sekaligus menimbulkan efek stimulan dalam pemenuhan peraturan lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi, dan pengembangan masyarakat.

Berdasarkan kriteria yang ditetapkan, Predikat Proper Hijau seperti yang diterima TMMIN diberikan kepada perusahaan yang kualitas manajemen pengelolaan lingkungannya dan hasilnya yang dilihat dari indikator tertentu telah melebihi standar yang ditentukan. Adapun Proper Biru diberikan jika kualitas manajemen dan indikator, hasilnya baru sebatas standar yang ditetapkan.

Untuk Proper Emas diberikan kepada perusahaan yang telah pernah mendapat Proper Hijau dan mampu terus meningkatkan kualitasnya. Kinerja pengelolaan lingkungan itu, antara lain dilihat dari sisi pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, pengelolaan limbah B3, dan pemberdayaan masyarakat (community development ).

Menurut Warih, sebagai bagian pusat basis produksi global Toyota, aspek lingkungan hidup sudah menjadi keharusan bagi TMMIN agar produk yang dihasilkan bisa memenuhi standar kualitas dunia, baik dalam proses produksi maupun produk yang dihasilkan.

“Komitmen Toyota dalam pengelolaan lingkungan diwujudkan dengan memenuhi persyaratan pemerintah, standar global, dan internal di bidang lingkungan, mengembangkan proses manufaktur yang ramah lingkungan, penghematan energi melalui peningkatan efisiensi dan penggunaan sumber energi ramah lingkungan, serta menerapkan aktivitas reduce, reuse, dan recycle ,” kata Warih.

Anton c
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)