Disparbud DKI Gelar Road Show di Manila

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:11 WIB
Disparbud DKI Gelar Road Show di Manila
Disparbud DKI Gelar Road Show di Manila
A A A
DINAS Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta kembali memfasilitasi diselenggarakannya program promosi pariwisata Jakarta dengan target wisatawan dari Filipina.

Serangkaian acara dalam rangka mempromosikan Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata menarik di Asia bertajuk Jakarta Roadshow 2014 . Selain press conference pada Roadshow Jakarta 2014 di Manila, Filipina, ini juga diselenggarakan forum bisnis (B to B) untuk mempertemukan lebih dari 20 pelaku industri pariwisata Jakarta dengan para stakeholder industri pariwisata Filipina yang dilanjutkan dengan Gala Dinner serta Sales Call Visit.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan artis-artis ibukota dan kehadiran chef terkenal di Jakarta yang menampilkan seni budaya, serta beragam kuliner Indonesia dan Jakarta. “Melalui Roadshow Jakarta 2014 ini, kami ingin tegaskan kepada masyarakat Filipina bahwa Jakarta merupakan salah satu destinasi di Asia yang menarik dikunjungi untuk berbagai aktivitas wisata.

Selain itu, kondisi Kota Jakarta tetap aman dan kondusif bagi para wisatawan mancanegara, apalagi dengan mulai bekerjanya pemerintahan baru Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” kata Kepala Disparbud DKI Jakarta, Arie Budiman. Roadshow Jakarta 2014 di Manila ini merupakan wujud dari semangat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu tulang punggung perekonomian daerah.

Kegiatan promosi terus ditingkatkan untuk mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara ke Ibu Kota Indonesia ini, sekaligus menjadikan Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata pilihan di dunia. “Dengan potensi yang dimiliki Jakarta serta dukungan infrastruktur pariwisata yang tersedia, kami selalu siap menerima dan melayani para wisman yang datang ke Jakarta, tidak terkecuali wisatawan dari Filipina,” tutur Arie Budiman.

Meski jumlahnya tidak sebanyak negara-negara Asia lainnya, seperti Malaysia, China, Singapura, dan Jepang, pasar wisatawan asal Filipina tetap potensial untuk digarap karena karakteristiknya dan merupakan pasar tradisional. Selain untuk tujuan leisure , kedatangan wisatawan Taiwan ke Indonesia diketahui juga untuk kepentingan bisnis, dan MICE (meeting, incentive, conference, and event ).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dibanding kota-kota lain di Indonesia, Jakarta adalah destinasi wisata nomor satu yang menjadi pilihan wisman Taiwan berkunjung ke Indonesia. Selama Januari-Juli 2014, total wisman Taiwan yang berkunjung ke Jakarta mencapai setengah dari total wisatawan yang berkunjung ke berbagai kota di Indonesia.

Namun begitu, kata Kepala Bidang Promosi Disparbud DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia, pihaknya tetap optimistis jumlah itu bisa makin ditingkatkan ke depannya.

“Selain terus melakukan pembenahan di berbagai sektor terkait kesiapan Jakarta menerima kunjungan wisman secara umum maupun sesuai dengan karakteristik masing-masing wisman. Pemprov DKI Jakarta juga akan konsisten melaksanakan kegiatan promosi wisata dan mendorong terciptanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina lebih luas lagi,” katanya.

Menurut Cucu, Jakarta di mata wisatawan Filipina merupakan salah satu kota yang menarik untuk berbagai aktivitas wisata. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata menarik terkait dengan sejarah, rekreasi, dan kuliner, wisatawan asal Filipina diketahui juga gemar belanja dan bermain golf.

Anton c
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6234 seconds (0.1#10.140)