2020, Mobil BMW Bisa Parkir Sendiri

Minggu, 21 Desember 2014 - 11:46 WIB
2020, Mobil BMW Bisa Parkir Sendiri
2020, Mobil BMW Bisa Parkir Sendiri
A A A
BMW baru-baru ini membuat terobosan dengan membuat BMW active assist yang bisa membuat mobil BMW mencari parkir sendiri. Teknologi ini baru saja dicoba pada BMW i3.

Lalu, apa rahasianya mobil ini bisa mencari parkir sendiri? Rahasianya ada pada sensor laser di bodi yang akan membantu mengarahkan BMW i3 sesuai jalur, sekaligus menghindari objek rintangan seperti tembok, pilar atau mobil lain di sekitarnya. Laser ini akan memberikan citra ruang pada mobil dengan jangkauan hingga 360 derajat supaya mobil bisa berpikir sendiri, bagaimana kondisi ruangan sekitar yang sedang dilalui.

Laser ini juga bekerja sama dengan fitur safety seperti automatic braking system sehingga mobil akan berhenti jika dirasa terlalu dekat dengan sebuah objek. Ketika sensor mendeteksi ada tempat parkir dengan dimensi yang cukup, mobil akan mulai parkir sendiri dan langsung mati beberapa detik kemudian.

Untuk memanggil mobil pun tidak perlu repot-repot. Setiap pengendara BMW akan dibekali smart watch untuk memanggil mobilnya ke tempat tadi ia meninggalkannya. Singkatnya, jam tangan pintar BMW itu juga berfungsi sebagai remote control untuk mobil, tapi bisa juga untuk memantau kondisi mobil saat mencari parkir. Fasilitas cerdas ini tak bisa dinikmati dalam waktu dekat karena BMW baru akan memasukkan sistem ini ke produksi massal pada tahun 2020.

Wahyu sibarani
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7738 seconds (0.1#10.140)