Sofa Percantik Ruangan

Minggu, 21 Desember 2014 - 11:46 WIB
Sofa Percantik Ruangan
Sofa Percantik Ruangan
A A A
Sofa menjadi pelengkap yang apik di ruangan. Namun, pilih sofa yang sesuai dengan dekorasi dan warna cat ruangan. Ruang tamu, salah satu tempat yang cukup penting dalam mendukung segala aktivitas di rumah.

Sofa bisa menjadi pilihan di ruang tamu. Sofa merupakan furnitur yang paling sering dijumpai di banyak rumah. Sofa juga bisa digunakan sebagai tempat untuk istirahat, nonton TV, dan berbincang bersama keluarga ataupun teman. Banyak pilihan bentuk dan gaya untuk sofa yang tersedia saat ini, tentunya akan membuat Anda bingung dalam menentukan model yang diinginkan.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih sofa, sebaiknya pertimbangkan dahulu mana yang akan dijadikan bahan pertimbangan sebelum membelinya. Desainer interior Ari Indra menjelaskan, langkah pertama dalam memilih sofa yang sesuai dengan gaya interior rumah adalah pertimbangkan dahulu faktor kegunaan sofa tersebut di rumah. Misalnya untuk diduduki atau sebagai tempat beristirahat saja.

Bila fungsinya untuk tempat beristirahat, sofabedmerupakan solusi jika kita tidak memiliki ruangan yang besar. Untuk ruang tamu, lebih baik mengikuti desain ruangan dan luas ruangan tersebut. Jangan paksakan menggunakan sofa bermodel besar di ruangan bergaya minimalis.

Kegunaan sofa sebagai sarana duduk yang nyaman dan santai. Namun, apabila sofa yang dipilih ternyata tidak pas atau mengecewakan Anda, alangkah sayangnya sofa tersebut, bisa jadi malah akan mengubah tatanan interior rumah atau ruangan semakin sempit. Perhatikan ketahanan dan ukuran sofa.

“Untuk masalah ketahanan, hal yang paling utama dalam memilih sofa adalah rasa sofa itu pada saat diduduki. Kebanyakan kita selalu ingin sofa yang diduduki terasa empuk, namun sebenarnya beberapa busa yang membuat sofa itu empuk bukanlah busa yang bagus alias bukan kualitas pertama,” ucap salah seorang pemilik toko furnitur Elizabeth.

Saat Anda membeli sofa, alangkah baiknya untuk memilih sofa yang tidak terlalu empuk, juga tidak terlalu keras. Biasanya sofa yang dapat bertahan lebih lama dan mempertahankan bentuknya sampai lama adalah sofa dengan busa yang tebal, juga tidak terlalu membuat Anda tidak nyaman saat duduk.

Usahakan memilih punggung sofa yang tidak terlalu masuk ke dalam saat Anda mendudukinya dan terasa nyaman di pinggang saat Anda bersandar. Pertimbangkan ukuran sofa karena jika terlalu besar, maka ruangan akan sempit. Untuk masalah ukuran, mulailah dengan mengukur panjang dan lebar ruangan yang Anda inginkan untuk menempatkan sofa di dalamnya.

Kebanyakan sofa yang telah dibeli terkadang tidak bisa masuk ke bagian dalam rumah karena ukurannya yang terlalu panjang atau lebarnya yang tidak cukup. Anda juga harus memperhatikan akses untuk ruang masuk sofa tersebut ke dalam ruangan. “Untuk ukuran rumah minimalis, lebih baik mencari sofa yang berukuran kecil di tiap seater-nya. Misalnya sofa yang memiliki ukuran 60 x 60 cm,” tutur Ari.

Dalam memilih sofa, ada baiknya Anda mempertimbangkan cara pemeliharaannya. Bila bahan sofa terbuat dari kulit, maka Anda harus bersiap mempersiapkan dana khusus untuk pemeliharaan kulitnya yang cukup mahal dan memakan waktu. “Sofa jenis kulit sangat cocok untuk ditempatkan di ruangan yang cukup besar dan ber-AC,” kata Ari.

Selain sofa berbahan kulit, Anda akan banyak menjumpai sofa dengan bahan kain. Keunggulan dari sofa berbahan kain, yaitu terasa lebih dingin jika dibandingkan dengan sofa berbahan kulit saat di dalam ruangan yang lebih panas.

“Microfiber merupakan bahan yang baik untuk sofa. Selain lebih nyaman digunakan di ruangan panas, sofa bahan kain juga sangat gampang dirawat, dan yang terpenting bahan kain cenderung lebih terjangkau dibandingkan kulit,” sebut Elizabeth.

Memilih sofa yang baik dan pas memang susah-susah gampang. Biasanya sofa dengan model yang cantik belum tentu nyaman. Kalaupun ada yang nyaman terkadang tidaklah murah. Namun, bila sofa tersebut membuat Anda jatuh hati dan cocok dengan ruangan, tentunya tidak ada salahnya memuaskan diri Anda dengan membeli sofa tersebut.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6454 seconds (0.1#10.140)