Mendesain Ruang Tidur Nyaman

Senin, 22 Desember 2014 - 11:46 WIB
Mendesain Ruang Tidur Nyaman
Mendesain Ruang Tidur Nyaman
A A A
Sebagai salah satu ruangan yang bersifat pribadi, ruang tidur harus didesain dengan nyaman. Agar suasana lebih menyenangkan sebaiknya sesuaikan dengan karakter Anda.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mendesain kamar tidur adalah besaran dan bentuk ruangan, posisi kamar tidur, ukuran bukaan pintu dan jendela. Tata lampu, tema warna, dan material yang digunakan menjadi bahan pertimbangan berikutnya. Selain hal tersebut, elemen pengisi ruang juga turut berperan, seperti bentuk furnitur, aksesori, serta pendukung keindahan tampilan kamar.

Bukan hanya bagaimana Anda menciptakan bentuk ruang tidur yang nyaman, unsur pendukung yang lainnya bisa ditentukan dari pemilihan tempat tidur yang tepat. Ragam tempat tidur yang bisa digunakannya pun beragam mulai dari yang lesehan, berpilar, hingga bertingkat. Tempat tidur lesehan yang langsung ditempatkan tanpa atau dengan alas di atas lantai sangat cocok untuk kamar tidur yang cenderung kecil.

“Jenis ini biasanya disukai oleh remaja atau mereka yang berjiwa muda. Kalau mau tampil beda, bisa menggunakan lembaran plywood setinggi 10 cm sebagai alasnya. “Ukuran alas boleh tidak pas dengan ukuran kasur, tapi harus dilebihkan sampai ke batas dinding dari kaki tempat tidur,” saran Susan Oktari Yawhan, desainer interior sekaligus pemilik galeri furnitur Loista.

Bentuk lain yang bisa Anda pilih adalah panel bed yang dilengkapi degan kasur variasi ukuran. Tempat tidur ini terbuat dari berbagai macam material, mulai dari kayu, metal, bambu, rotan, dengan gaya klasik, etnik, dan modern kontemporer. Panelnya pun bisa Anda kreasikan dengan beragam bentuk fungsional, seperti rak penyimpanan di backhead tempat tidur.

“Memilih tempat tidur juga harus melihat bagaimana penataan kamar tidur yang diinginkan, jangan memaksakan menggunakan tempat tidur dengan beragam ukiran jika ukuran ruangannya tidak mencukupi karena akan memberikan kesan sempit dan terlalu memaksakan,” saran arsitek Ari Indra.

Kemudian, ada tempat tidur yang memiliki empat pilar penyangga utama, bersusun sorong, susun tangga, berplafon, berkanopi, dan ada yang menyatu dengan tempat penyimpanan. Ada juga bentuk sofabed yang multifungsi, yang bisa dimanfaatkan untuk ruang terbatas. “Sebagai pelengkap interiornya, bisa ditempatkan night stand , side table , dan bench. Beberapa pelengkap ini bisa ditempatkan di kaki tempat tidur,” tutur Ari.

Selanjutnya, soft material, seperti bedding set, upholstery , dan tirai yang didesain dengan cermat juga makin menambah cantik kamar tidur. Pilih motif sesuai selera, sebisa mungkin dalam satu kesatuan tema antara satu dan lainnya. Tidak hanya itu, ruang tidur yang sejuk dan teduh juga bisa membuat Anda betah berada lamalama di dalamnya. AC selalu menjadi kunci utama untuk menyejukkan kamar kala Anda terlelap pada siang dan malam hari.

Selain itu, sekarang ada AC yang dapat membunuh kuman yang ada di dalam kamar, terlebih lagi bila ruangan kamar tersebut minim akan ventilasi untuk pergantian udara di dalamnya. “Biasanya, bagian rumah yang sering menggunakan pendingin udara adalah kamar tidur. Ruangan ini memang selalu dibuat nyaman karena ruangan ini selalu dijadikan sebagai tempat istirahat yang maksimal dan tidak ada gangguan,” tutup Susan.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)