Menjaga Kulit si Kecil Tetap Sehat

Selasa, 23 Desember 2014 - 12:41 WIB
Menjaga Kulit si Kecil Tetap Sehat
Menjaga Kulit si Kecil Tetap Sehat
A A A
Proses tumbuh kembang anak yang begitu bervariasi di tiap waktu, bulan, dan tahun, menuntut orang tua jeli terhadap setiap tahapan tumbuh kembang anak. Agar anak balita dapat tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental, dan sosial, Anda sebagai orang tua perlu menerapkan pola manajemen tumbuh kembang yang tepat.

Salah satu yang dapat dilakukan agar mencegah bayi tidak jatuh sakit adalah menjaga kebersihan diri bayi dan mencermati produk-produk yang digunakan, terutama menyangkut bagian kulit si kecil yang masih halus dan sensitif. Produk perawatan bayi yang mengandung bahan kimia berbahaya dan dalam jangka panjang dapat berakibat negatif bagi kesehatan tubuh bayi.

Sistem tubuh yang belum matang dan belum bekerja sempurna membuat bayi tidak memiliki kemampuan sebaik tubuh orang dewasa dalam melawan efek bahan kimia. Di samping itu, residu yang ditinggalkan oleh penggunaan detergen, alkohol, dan bahan kimia lainnya dapat membuat kulit bayi menjadi kering dan kemerahan sehingga akan timbul iritasi dan alergi.

Dr dr Rini Sekartini SpA (K), konsultan tumbuh kembang anak dari RSCM mengemukakan, bayi dan anak yang tidak terjaga kebersihannya dapat terjangkit penyakit, seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), diare, dan sakit kulit. Kebersihan bayi dan balita dimulai dengan mandi, menggunakan air bersih mengalir serta produk sabun dan sampo khusus bayi yang tanpa detergen.

“Biasakan mandi dua kali sehari, pagi dan sore. Saat berkeringat atau sebelum tidur malam, sebaiknya tubuh bayi diseka, dikeringkan, dan ganti baju,” ujarnya dalam acara Seminar Media dengan tema “Cegah Masalah Kulit Bayi Agar Tumbuh Kembangnya Berkualitas. PURE Hygenic Care: Standar Terbaru dan Teruji Klinis Tanpa SLS” di Hongkong Café, Sarinah, Jakarta, Kamis (18/12).

Selain mandi, lanjut dia, biasakan selalu cuci tangan sebelum makan dan sesudah buang air besar dan kecil. Bila orang tua yang merawat bayi, berarti Anda atau pelaku rawat bayi yang cuci tangan. Setelah itu, pakaikan pakaian yang bersih dan nyaman. Hal-hal tersebut penting agar bayi dan balita terhindar dari penyakit kulit, terutama untuk bayi dan balita yang kulitnya sensitif.

Peralatan yang digunakan untuk bayi dan balita juga harus terjaga kebersihannya. Tidak hanya peralatan untuk makan dan minum, juga peralatan lain seperti baju, celana, dan lainnya. Membersihkan peralatan juga sebaiknya dengan air bersih, bila perlu peralatan makan dapat diseduh dengan air hangat atau panas sebelum digunakan.

Penggunaan produk tanpa detergen dan food grade formula , penting diperhatikan. Produk ini dikatakan aman untuk bayi, termasuk bila produk tersebut masuk ke dalam mulut, akan aman bagi saluran cerna anak. Namun, Anda tetap harus mencermati produk-produk tersebut, baca kandungannya dengan benar, perhatikan tanggal kedaluwarsanya, warnanya, dan bau produk tersebut. “Jangan lupa, simpan di tempat yang bersih dan tertutup,” ujar Rini.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4940 seconds (0.1#10.140)