Nasi Santa Klaus Hidangan Khusus Perayaan Natal dari Kudus

Rabu, 24 Desember 2014 - 21:05 WIB
Nasi Santa Klaus Hidangan Khusus Perayaan Natal dari Kudus
Nasi Santa Klaus Hidangan Khusus Perayaan Natal dari Kudus
A A A
KUDUS - Karakter Santa Klaus atau Sinterklas memang lekat dengan perayaan Natal. Nah, karakter ini pulalah yang menginspirasi Ani Kartini dan Lesiani untuk membuat kuliner spesial pada peringatan Natal, yaitu Nasi Santa Klaus.

Tangan kedua warga Kabupaten Kudus ini begitu cekatan saat mempersiapkan Nasi Santa Klaus buatan mereka. Di sebuah dapur rumah di Jalan Agus Salim, Kudus, itu mereka mempersiapkan nasi, sosis, mi, daging ayam, wortel, brokoli, telur, jagung dan lain sebagainya. Bahan-bahan itu lantas dimasak dengan berbagai cara. Ada yang dikukus dan digoreng. Setelah matang, bahan-bahan itu lantas di taruh di wadah berbeda. Setelah itu, kedua perempuan itupun mulai menata satu persatu bahan-bahan itu ke dalam satu wadah.

Nasi putih kemudian dicetak menyerupai kepala manusia yang lengkap dengan hidungnya dan dimasukkan ke wadah. Wajah itu lalu dipasangi mata dari biji-bijian hitam. Setelah itu, berbagai bahan lain pun ditata di samping nasi putih itu. Bagian atas kepala diberi wortel yang sudah dibuat menyerupai topi. Lalu di kanan dan kiri nasi putih diberi bahan-bahan lainnya mulai dari sosis, jagung, daun seledri dan lainnya. Ketika selesai, voila! Jadilah sekotak nasi yang menyerupai sosok Santa Klaus. Sosok ini memang identik dengan pembawa keceriaan dan sekaligus pembagi hadiah Natal.

“Ini salah satu kreasi kita saja untuk menyambut Natal. Semoga Natal tahun ini kita lebih ceria, damai dan bahagia dengan Nasi Santa Claus ini,” ujar Lesiani saat ditemui KORAN SINDO, Rabu (24/12/2014).

Ide awal membuat nasi Santa Claus ini, kata Lesiani, bermula dari hobi memasak ibunya, Ani Kartini. Karena kebetulan momennya Natal, maka ia dan ibunya pun berpikir bagaimana menghadirkan sosok yang identik dengan Natal itu dalam sebuah makanan. Akhirnya mereka berdua pun mencoba berkreasi dengan tokoh Santa Klaus. Mereka berharap hasil kreasi itu disukai anggota keluarganya, terlebih yang masih anak-anak.

“Tujuannya ganda jadi anak-anak bukan hanya tertarik dengan bentuknya yang unik dan lucu namun juga menjadi gemar mengkonsumsi sayur dan daging yang ada di makanan itu,” timpal Ani.

Rupanya, hasil kreasi ibu dan anak ini tak hanya disukai anggota keluarganya. Lewat informasi dari mulut ke mulut, banyak rekan, teman maupun orang lain yang tahu dan akhirnya meminati hasil kreasi keduanya. Tak ayal, pesanan pun membanjiri keduanya.

Harga nasi Santa Klaus ini tergantung ukuran dan menu yang diinginkan. Untuk kotak kecil dibanderol dengan harga Rp10.000. Sedangkan untuk kotak besar seharga dihargai Rp20.000. Dalam beberapa hari terakhir, peminat nasi berkarakter Santa Klaus terus berdatangan. Ada yang dari wilayah Kudus, Demak, Jepara, Semarang dan lain sebagainya.

“Kami sampai agak kewalahan. Ini baru saja mendapat pesanan 500 kotak nasi Santa Klaus,” ucap Lesiani.

Salah satu orang yang tertarik dengan bentuk unik dan lucu nasi Santa Klaus ini adalah Vine Meriwati, warga Demak. Nenek dengan beberapa cucu ini bahkan rela datang langsung ke Kudus untuk membeli nasi Santa Klaus. Rencananya nasi dengan bentuk Santa Klaus itu akan diberikan kepada cucu dan anggota keluarganya di rumah sebagai kejutan saat Natal.

“Kalau biasanya Natal identik dengan roti. Nah ini nasi Santa ini menurut saya unik dan karakter yang berkaitan dengan Natal sangat kuat, akhirnya tertarik dan membeli,” ujar Vine.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7360 seconds (0.1#10.140)