Hengkang Demi Ketenangan Jiwa

Minggu, 28 Desember 2014 - 11:33 WIB
Hengkang Demi Ketenangan Jiwa
Hengkang Demi Ketenangan Jiwa
A A A
Kehidupan duniawi membuat orang lupa dengan kehidupan di akhirat. Ada beberapa musisi yang berusaha mengimbangi keduanya. Ada juga yang nekat meninggalkan salah satu dunianya demi ketenangan jiwa.

Tidak sedikit musisi yang meninggalkan dunia keartisannya untuk memperdalam kehidupan agamanya. Bahkan di antara mereka tengah berada di puncak kariernya sebagai musisi. Yang terbaru adalah drummer grup band Noah, Reza yang memutuskan mundur dari grup band yang sudah 14 tahun membesarkan namanya. Reza penabuh drum grup band Noah secara resmi memutuskan untuk mengundurkan diri pada 1 Januari 2015.

Sebuah kabar yang mengejutkan layaknya petir di siang bolong bagi seluruh personel Noah, manajemen, label Musica Studio dan Sahabat Noah (fans Noah). Reza hengkang karena sudah bulat hati mempelajari agama. Kabarnya, Reza ikut terlibat aktif Jamaah Tabligh yang diperkenalkan oleh sesama personel Noah, Lukman.

“Kedepan, hidup saya lebih (fokus) ke agama. Setelah Januari, saya fokus ke saya dulu. Setelah itu Allah yang tentuin, semua jiwa dan dunia bergantung sama Allah,” kata suami dari Dewi Chairunnisa ini. Keinginan Reza untuk hengkang dari Noah, sebenarnya juga sudah lama ada di benaknya.

Namun demikian, butuh waktu baginya untuk benar-benar memantapkan niat dan mendapatkan restu dari Ariel, Uki, Lukman, dan David selaku rekanrekannya di band tersebut dan semua pihak manajemen, label Musica Studio dan seluruh Sahabat Noah. Dengan adanya keputusan ini Pemilik nama lengkap Ilsyah Ryan Reza ini mengaku keputusan untuk mundur sangat berat.

Keputusan ini harus diambil karena ia ingin memperbarui hidup dengan lebih dalam mempelajari agama Islam. Lebih lanjut Reza menambahkan, dirinya tidak bisa membagi antara band dan mendalami agama. Karena itu, dia harus meninggalkan grup band yang telah membesarkan namanya sejak tahun 2001 itu.

“Banyak yang masih bisa nge-band, tapi saya enggak bisa berbagi. Saya mau berfokus satu dan enggak mau terpecah,” kata drummer kelahiran Poso, Sulawesi tengah, 11 Maret 1977 itu. Keputusan mundurnya Reza dari Noah tersebut banyak disayangkan oleh Sahabat Noah fans.

Namun, Reza meminta penggemarnya dan masyarakat tidak menyalahkan hengkang dari band tersebut lantaran keputusannya berdakwah. "Sebenarnya ya saya enggak akan bilang. Masih rahasia, yang penting lebih dari satu (alasan). Dakwah itu enggak bisa disangkutpautin disalahkan dan menjadi satu-satunya alasan saya keluar dari Noah. Enggak ada hubungan ke sana," kata pria vegetarian sejati ini.

Nazriel Irham atau yang biasa disapa Ariel, selaku vokalis Noah, berusaha menghormati apa yang menjadi keinginan Reza. "Awalnya ada tawar menawar di antara Reza dan personel Noah lain agar dia terus bersama kami namun kalau kita memaksakan diri, tentu akan ganggu konsentrasi Reza, itu bukan jalan yang baik bagi Noah maupun Reza sendiri," katanya.

Menurut Ariel, Reza sudah punya rencana dengan kehidupannya dan dengan hati yang besar Noah harus menerima keinginan itu. "Kita terima keputusan tersebut. Setelah itu, kita akan mendukung dia akan keputusannya tersebut bahkan kita masih membuka pintu selebarlebarnya buat dia kalo mau kembali lagi," tuturnya.

Executive Produser Musica Studio's label yang membawahi Noah, Indrawati Widjaja juga menyayangkan mundurnya Reza dari Noah, namun dia membantah semua gosip miring tentang Reza yang mundur karena ingin mendongkrak penjualan album baru Noah

"Keluarnya Reza itu bukan sensasi murahan. Hari ini, kami memastikan itu, bahwa Reza punya kegiatan lain di luar musik dan kami tetap mendukungnya sebagai teman," kata wanita yang akrab disapa Acin ini. Walaupun ikut merasa kaget, Acin tetap mengerti dan memahami keputusan Reza tersebut dan mendukungnya.

"Jelas pertama saya kaget dan sedih. Kasarnya kami hidup bersama selama 14 tahun. Tapi setelah Reza menjelaskan, kami semua menghargai dan memahami," ujar Bu Acin. "Saya sampai kapan pun akan terus mendoakan Reza supaya jalan yang dia pilih ada yang terbaik.

Semoga tali silaturahmi antara Reza dan Noah dan Musica tetap terjalin," sambung Acin. Keputusan Reza untuk hengkang dari Noah agar bisa fokus mendalami agama Islam itu, dirasa seolah mengikuti jejak Sakti, mantan gitaris Sheila on 7. Kala itu, pemilik nama asli Saktia Ari Seno itu mengundurkan diri dari band pada 2006.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1249 seconds (0.1#10.140)
pixels