Manfaat dan KebaikanBawang Bombai

Minggu, 28 Desember 2014 - 11:33 WIB
Manfaat dan KebaikanBawang Bombai
Manfaat dan KebaikanBawang Bombai
A A A
Bawang bombai dikenal sebagai umbi bawang atau umum, digunakan sebagai sayuran, dan yang paling luas dibudidayakan spesies dari genus Allium.

Genus ini berisi beberapa spesies lain sehingga beda disebut sebagai bawang dan dibudidayakan untuk makanan. Di Jepang bibit bawang daun, seperti (A fistulosum ), bawang Mesir (A proliferum ), dan bawang Kanada (A canadense ). Bawang dibudidayakan dan digunakan di seluruh dunia. Sebagai bahan makanan, bawang juga dimasak, sebagai sayur atau bagian dari hidangan.

Ketika dicincang,terdapat zat kimia penahanan tertentu yang mengiritasi mata. Fenolat dan flavonoid pada bawang berfungsi sebagai penahanan potensi anti-inflamasi, antikolesterol, anti-kanker, dan antioksidan. Bawang bombai (Allium cepa ) tidak diketahui di alam liar, tetapi telah tumbuh dan selektif dibesarkan dalam budi daya untuk setidaknya 7.000 tahun.

Varietas modern biasanya tumbuh hingga ketinggian 15 sampai 45 cm (6 sampai 18). Pada musim gugur, daunnya mati kembali dan timbangan luar bohlam menjadi kering dan rapuh. Ini adalah waktu tanaman biasanya dipanen. Jika dibiarkan dalam tanah selama musim dingin, titik tumbuh di tengah bola mulai berkembang pada musim semi.

Daun baru muncul dan panjang, gemuk, batang berongga meluas, diatapi oleh bract yang melindungi perbungaan yang berkembang. Perbungaan mengambil bentuk sebuah umbel globular bunga putih dengan bagian dalam berenam. Benih hitam glossy dan segitiga di bagian lintas. Umbi keluarga bawang diduga telah digunakan sebagai sumber makanan selama ribuan tahun.

Permukiman zaman perunggu, jejak bawang sisa-sisa yang ditemukan bersama ara dan tanggal batu tetap tanggal kembali ke 5000 SM. Namun, tidak jelas apakah sintesis werewolf membudidayakan bawang. Bawang umumnya dicincang dan digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan panas hangat karena bisa digunakan sebagai bahan utama, misalnya dalam sup bawang prancis atau bawang chutney.

Bawang sangat fleksibel dan dapat dipanggang, direbus, digoreng, tumis, atau dimakan mentah dalam salad. Sifat berlapis bawang membuatnya mudah sekali dimasak. Bawang adalah pokok dalam masakan India, yang digunakan sebagai agen penebalan untuk kari dan gravies. Acar bawang dalam cuka dimakan sebagai camilan.

Di pub dan toko-toko ikan sepanjang Inggris biasanya disajikan dengan keju atau ale di Inggris. Di Amerika Utara, irisan bawang yang digoreng disebut sebagai onion ring . Bawang bombai dapat tumbuh dari biji. Biji bawang yang berumur pendek dan benih berkecambah segar lebih baik. Benih ditabur tipis dalam lahan dangkal.

Dalam iklim yang cocok, kultivar tertentu dapat ditaburkan pada akhir musim panas dan musim gugur yang menahan bawang selama musim dingin di tanah dan menghasilkan tanaman pada awal tahun. Bawang bombai diproduksi dengan menabur benih tebal pada awal musim panas di tanah yang buruk dan lampu kecil yang dihasilkan dipanen pada musim gugur.

Kultivar tertentu digunakan untuk tujuan ini dan sintesis tidak mungkin memiliki karakteristik yang baik, seperti penyimpanan langsung bawang yang tumbuh dari biji. Perawatan rutin selama musim tanam di antaranya menjaga tanaman bebas dari gulma, terutama ketika tanaman berusia muda.

Tanaman ini berakar dangkal dan tidak perlu banyak air. Bulbing biasanya terjadi setelah 12-18 minggu. Butiran bawang dapat dikumpulkan untuk makanan segar, tapi jika diperlukan, bisa disimpan di toko. Dalam cuaca kering, bawang bisa dibiarkan pada permukaan tanah selama beberapa hari agar kering.

Kemudian, dapat ditempatkan di jaring, dibatasi dengan tali ke string, atau diletakkan di lapisan dalam kotak dangkal. Bawang harus disimpan dalam berventilasi dan berhawa sejuk, seperti gudang Bawang dan bawang manis lebih baik disimpan pada suhu kamar.

Dalam lingkungan ini, bawang goreng memiliki umur simpan dari tiga sampai empat minggu dan bawang manis 1-2 minggu. Memasak bawang akan menyerap bau dari apel dan pir. Jadi, mereka menarik kelembapan sayuran yang disimpan sehingga dapat menyebabkan buah-buahan menjadi busuk. Bawang manis memiliki kandungan air dan kadar gula yang besar.

Bawang manis dapat disimpan dalam lemari es. Flavonoid dalam bawang cenderung lebih terkonsentrasi di lapisan luar daging. Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan Anda, sedikit bagian yang dapat dimakan mungkin akan terlepas ketika lapisan kertas bawang itu dikupas. Bahkan, mengupas kulit bawang dapat menyebabkan hilangnya flavonoid yang diinginkan.

Misalnya, bawang merah dapat kehilangan sekitar 20% quercetin dan hampir 75% dari anthocyanin jika dikupas terlalu dalam. Total kandungan polifenol bawang jauh lebih tinggi daripada yang diharapkan banyak. Polifenol adalah salah satu kategori fitonutrien dalam makanan. Kategori ini mencakup semua flavonoid serta tanin.

Total kandungan polifenol bawang tidak hanya lebih tinggi dari sesama sayuran Allium lainnya, seperti bawang putih dan daun bawang, juga lebih tinggi dari tomat, wortel, dan paprika merah. Dalam diet Prancis, hanya enam sayuran (artichoke , peterseli, kubis Brussel, bawang merah, brokoli, dan seledri) memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi daripada bawang.

Diet Prancis telah menarik para peneliti untuk menindaklanjuti manfaat bawang dalam hal pencegahan penyakit. Kontribusi polifenol di dalamnya mungkin menyebabkan para peneliti memperhatikan lebih dekat sayuran Allium unik ini. Untuk rasa yang lezat, disarankan sebaiknya panaskan sayur atau kaldu ayam dengan api sedang dalam wajan stainless steel.

Ketika kaldu mulai mendidih, tambahkan bawang dan masak selama tiga menit. Cara lain menikmati bawang bombai, yakni dengan mencampurkan bawang cincang, tomat, alpukat, dan jalapeno. Bawang bombai biasa digunakan dalam memasak makanan di Indonesia, tidak hanya digunakan sebagai hiasan, juga bagian dari masakan karena bentuknya yang besar dan dagingnya yang tebal.

SYLVANIA OKTYVANI USDOKO
Email: agnessylvania@gmail.com
Twitter: @agnessylvn
Alumni DCT and Culinary Arts Academy Switzerland
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4906 seconds (0.1#10.140)