Menata Ruang Kerja

Selasa, 30 Desember 2014 - 10:45 WIB
Menata Ruang Kerja
Menata Ruang Kerja
A A A
SIAPA bilang ruang kerja yang nyaman hanya milik kantor dan rumah berukuran besar? Dengan langkah cerdas, ruang kerja yang nyaman juga bisa diciptakan di rumah mungil.

Memiliki hunian berukuran terbatas dengan banyak kebutuhan, memang menjadi tantangan yang dihadapi hampir semua orang di rumahnya. Menghadapi masalah seperti ini, tidak sedikit orang yang lantas mengorbankan salah satu kebutuhannya demi kenyamanan.

Misalnya, menghilangkan ruang kerja demi memperluas ruang lain yang dianggap memiliki peran yang lebih tinggi. Perlakuan ini memang tidak salah, tapi jika pengorbanan ini justru membuat Anda sulit menyimpan berkas pekerjaan atau kekurangan area produktif di rumah, tentunya akan menjadi masalah baru. Ruang kerja yang nyaman merupakan jawaban atas masalah ini.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat ruang kerja nyaman di lahan terbatas, berikut kami berikan solusinya agar ruang kerja di rumah Anda terasa nyaman. Bila sudah tidak ada kamar kosong, jangan berkecil hati. Coba cermati beberapa area sisa yang bisa dimanfaatkan, misalnya salah satu sudut mati alias sudut yang tidak dipakai. Selain memanfaatkan ruang sisa, Anda juga bisa mengubah sebuah area menjadi ruang kerja.

Misalnya, gudang di kolong tangga dipindahkan ke plafon sehingga ruang kerja bisa dibuat di sana. “Ruangan di kolong tangga umumnya cukup luas untuk diisi meja kerja dan rak buku simpel, tinggal bagaimana cara kita menata dan membuatnya nyaman digunakan beraktivitas,” sebut desainer interior Rina Renvil. Rina menegaskan, ada baiknya membuat daftar kebutuhan yang dibutuhkan dalam ruang kerja terlebih dahulu.

Untuk pekerjaan yang berkaitan dengan berkas, tentunya membutuhkan brankas dan rak buku untuk menyimpan data-data yang berkaitan dengan pekerjaan. Adapun pekerjaan yang berkaitan dengan seni, tentunya membutuhkan ruang penyimpanan yang berbeda, misalnya kita butuh meja lebar untuk meletakkan komputer berlayar lebar.

Salah satu rahasia ruang kerja yang nyaman dan rapi adalah penyimpanan yang cerdas dan sesuai kebutuhan. Manfaatkan area dinding secara maksimal untuk mengurangi kebutuhan akan lemari yang terlalu besar. Simpan barang sesuai jenisnya dan beri label di bagian luar agar mudah mencarinya.

“Jangan lupa untuk mengatur penerangan yang memadai agar dapat beraktivitas dalam waktu lama. Usahakan untuk mendapatkan pencahayaan alami pada waktu siang hari. Namun, bila sulit dilakukan, usahakan menggunakan pencahayaan berwarna putih agar mata tidak cepat lelah,” tutur Rina.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3047 seconds (0.1#10.140)