Meja Makan Tampil Istimewa

Rabu, 31 Desember 2014 - 09:16 WIB
Meja Makan Tampil Istimewa
Meja Makan Tampil Istimewa
A A A
SENI penataan meja makan atau yang biasa dikenal dengan istilah table setting, memang bukan hal yang baru lagi. Hingga kini, sudah digunakan di Eropa, juga di seluruh dunia.

Lalu seni ini berkembang ke dalam berbagai gaya desain yang sedang tren pada masanya, meja-meja makan diisi dengan hiasan bunga segar, runner cantik, centerpiece meriah, dan set peralatan makan serasi untuk menandakan hari istimewa. Tidak perlu takut mahal, Anda pun dapat melakukan penataan meja sendiri di rumah.

Dengan beragam ide kreatif, penataan meja yang cantik dan sesuai tema, bukanlah khayalan untuk direalisasikan. ”Dari budaya milik bangsawan Anglo-Saxons, berkembang menjadi milik para bangsawan era Victoria, lalu meluas ke benua Amerika dan Asia, hingga akhirnya ke seluruh dunia,” tutur desainer interior Susan Octari Yawhan. Seni penataan meja memang punya sejarah panjang dan sudah menjadi bagian penting dari jamuan mewah para bangsawan.

Hingga sekarang pun, seni penataan meja ini hampir selalu dikaitkan dengan acara formal. Susan menuturkan, sistem penataan yang bermula dari abad ke-19 ini mengharuskan jumlah, posisi, dan ukuran masing-masing peralatan makan seperti piring mangkuk, sendok, garpu, gelas, dan lain-lainnya.

Biasanya tamu harus datang sebelum makanan dikeluarkan, duduk di tempat yang sudah diatur sebelumnya, dan mendapatkan pelayanan yang sudah diatur. Para tamu terikat pada etika jamuan makan yang teratur dan tradisional. Seiring bertambahnya kebutuhan untuk memenuhi gaya hidup modern, dikembangkan juga gaya kasual dari seni penataan meja.

Jumlah dan jenis peralatan makan dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis makanan. Anda bisa menempatkan centerpiece (hiasan di tengah meja) dibuat sesuai tema. Setelah menentukan kadar formalitas yang harus dihadirkan, hal lain yang dihadirkan adalah menentukan tema dekorasi.

Tema ini dapat disesuaikan dengan jenis perayaan atau jenis makanan yang dihidangkan. Anda bisa menggunakan seni penataan meja ini untuk perayaan hari raya tertentu dengan beragam ornamen yang menarik dan cantik. Misalnya, kulit ketupat yang menandakan hari raya Lebaran, bola hiasan yang menandakan hari raya Natal, terompet mini yang menandakan tahun baru. Adapun berdasarkan jenis hidangan, dekorasi dapat disesuaikan dengan asal hidangan dan cara menyantapnya.

Misalnya sendok dan garpu untuk hidangan ala Indonesia, sumpit untuk hidangan ala Asia, atau garpu dan pisau untuk hidangan ala Barat. ”Di dalam seni penataan meja makan, kita tak sekadar meletakkan ornamen apa pun di atas meja. Biasanya bagian tengah diberikan hiasan bunga segar yang ditata dengan cantik, atau bisa juga menambahkan dengan lilin hias, buahbuahan dalam mangkuk, dan berbagai aksesori lainnya,” sebut Susan.

Motif, hiasan, dan aksen yang dihadirkan untuk menghias meja juga dapat disesuaikan dengan tema hidangan ini. Alhasil, meja makan pun siap menyambut hari yang istimewa.

Aprilia snadyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8953 seconds (0.1#10.140)