Mengenal Manfaat Minum Air Putih

Rabu, 31 Desember 2014 - 18:08 WIB
Mengenal Manfaat Minum Air Putih
Mengenal Manfaat Minum Air Putih
A A A
JAKARTA - Air putih tidak hanya bermanfaat melepaskan dahaga, tapi juga baik untuk kesehatan. Dikutip dari Health Me Up, setidaknya ada 12 alasan mengapa kita perlu minum banyak air putih.

1. Meningkatkan kecerdasan
Sebuah studi menemukan bahwa siswa yang membawa air ke ruang kelasanya dan selalu meminum air mendapatkan nilai tertinggi pada tesnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa air dapat membuat pemikiran lebih jernih.

2. Terhindar dari kanker
Minum air putih lebih banyak dan rutin dapat mengurangi risiko kanker usus sebesar 45% dan 50% terhindar dari kanker kandung kemih serta mengurangi risiko kanker payudara.

3. Meningkatkan suasana hati
Sama hal saat mengonsumsi cokelat, dan bernyanyi dapat meningkatkan suasana hati, hal itu juga terjadi pada minum air putih yang dapat meredam emosi saat sedang marah. Bahkan minum lebih banyak air dapat menjernihkan pikiran.

4. Meredakan nyeri sendi
Meningkatnya asupan air dapat meringankan rasa sakit pada sendi khususnya pada tulang rawan agar tetap kuat. Selain itu, kandungan air yang mendandung glukosamin membantu meringankan nyeri sendi, dengan mendukung penyerapan air ke dalam tulang rawan.

5. Sebagai obat menyadarkan saat mabuk
Jika Anda menyukai minuman keras, usahakan setelah meminum minuman keras diseimbangi oleh asupan air putih. Air putih berguna untuk mengurangi sakit kepala yang timbul saat meminum minuman keras.

6. Menurunkan berat badan
Meminum air putih lebih banyak akan memudahkan Anda merasa kenyang. Ketika Anda kenyang, Anda mengurunungkan niat untuk memakan sesuatu yang mengang lemak yang tinggi.

7. Mencerahkan kulit
Minum banyak air menetralisir racun dalam tubuh yang masuk melalui peradangan kulit, dan menuju ke pori-pori. tersumbatnya pori-pori akan menimbulkan jerawat, sehingga asupan air putih dapat mengeluarkan keluar racun dari tubuh, dan dapat mengurangi risiko jerawat.

8. Menjaga keseimbangan cairan
Hampir 60% dari tubuh Anda terbuat dari air. Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh Anda, Anda perlu minum banyak air. Hal ini penting untuk mengatur suhu tubuh, mencerna makanan dan mengangkut nutrisi ke seluruh tubuh.

9. Meningkatkan fungsi usus
Sembelit adalah umum pada mereka yang mengonsumsi sedikit air. Dokter pun menyarankan pasien mereka untuk meningkatkan asupan air mereka untuk mencegah sembelit.

10. Meredakan nyeri di punggung
Minum lebih banyak air membantu meringankan peradangan dan nyeri dalam tubuh Anda karena merangsang sistem limfatik Anda. Sistem limfatik merupakan sistem sirkulasi sekunder yang berfungsi mengalirkan limfa atau getah bening di dalam tubuh. Asupan air sangat penting bagi kelancaran fungsi sistem limfatik.

11. Memberikan energi otot
Aktivitas bekerja dan berkeringat menyebabkan otot-otot Anda kehilangan air. Dehidrasi menyebabkan kelelahan otot dan nyeri. Pastikan Anda tetap terhidrasi sebelum dan setelah latihan.

12. Membantu menghilangkan racun
Minum banyak air membantu melarutkan racun yang yang ada pada tubuh melalui keringat dan melalui ginjal. Air membersihkan sistem Anda dari limbah beracun yang cenderung menumpuk di jaringan dan organ.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5146 seconds (0.1#10.140)