Salam Perpisahan EVO

Kamis, 01 Januari 2015 - 10:57 WIB
Salam Perpisahan EVO
Salam Perpisahan EVO
A A A
MITSUBISHI memastikan membawa Lancer Evolution (Evo) X Final Concept di ajang Tokyo Auto Salon 2015 pada Januari mendatang. Perubahan radikal apa yang dilakukan Mitsubishi pada mobil legendaris ini?

Kabar Mitsubishi segera mengakhiri petualangan Mitsubishi Evolution memang sudah tersiar sejak beberapa tahun lalu. Namun, sebelum benarbenar mematikan mobil tersebut, Mitsubishi lewat beberapa perwakilannya di beberapa negara masih sering menyegarkan mobil legendaris tersebut.

Misalnya Mitsubishi Inggris yang pernah membuat Mitsubishi Evolution FQ-400. Ada juga Mitsubishi Amerika yang juga sekitar pertengahan tahun 2014 membuat Mitsubihi Evolution X 2015. Mitsubishi Amerika malah mengklaim model yang mereka buat merupakan contoh dari model terakhir Mitsubishi Evolution X. Bagaimana dengan Mitsubishi pusat yang bermarkas di Jepang?

Baru-baru ini disebutkan Autoblog , Mitsubishi akan menghadirkan model terakhir Mitsubishi Evolution X Final Concept di ajang Tokyo Auto Salon 2015 yang akan dimulai pada 9 Januari ini. Mitsubishi sudah merilis satu gambar resmi model tersebut.

Nah yang menarik, model yang dikeluarkan Mitsubishi pusat tersebut justru tidak jauh berbeda dengan model Mitsubishi Evolution X yang dibuat oleh Mitsubishi Amerika. Ada beberapa kesamaan yang tidak bisa dibantah. Pertama yang paling jelas adalah warnanya yang sama-sama menggunakan warna hitam keabu-abuan.

Kedua, seperti Mitsubishi Evolution X buatan Mitsubishi Amerika, Mitsubishi Evolution X Final Concept samasama menggunakan basis Evolution X GSR dengan transmisi manual 5 percepatan. Nah yang membedakan di bagian eksterior, hanya ada pada penambahan stiker HKS dan logo di samping mobil yang bertuliskan Final CONCEPT. Bagaimana dengan interiornya? Memang belum ada informasi resmi mengenai interior Mitsubishi Evolution X Final Concept.

Detail resminya baru dikeluarkan begitu mobil tersebut melakukan debut di Tokyo Auto Salon 2015 . Namun, jika eksterior masih terasa sama, maka sektor interior pun tidak akan jauh berbeda. Lalu, apa saja perubahan yang dilakukan Mitsubishi Amerika di bagian interior Mitsubishi Evolution X 2015.

Unsur-unsur modern akan diperkuat di sektor interior mobil ini dengan penambahan seperti cup holder di dalam kabin dan instalasi lampu sign /belok yang terintegrasi dengan kaca spion di masing-masing sisi. Kualitas audio juga ditingkatkan dengan penambahan sistem audio terbaru dari Rockford Fosgate dan peredam suara yang lebih berkualitas, jok yang dilapisi dengan bahan kulit disertai pemanas, dan power sunroof.

Selain itu, produk yang menjadi primadona Mitsubishi dalam kualitas performanya ini juga mengalami perubahan di lampu depan menggunakan automatic headlights, wiper yang menggunakan sensor hujan, hood vent baru, trim berwarna chrome sebagai tambahan di sekitar panel-panel, dan passive entry system yang memungkinkan Anda memasuki mobil dengan kunci yang berjarak dekat dengan mobil tanpa memasukkannya ke dalam lubang kunci.

Lalu, jika tetap sama, apa yang membedakan antara Mitsubishi Evolution Final Concept dan Mitsubishi Evolution X 2015 buatan Amerika? Jawabannya adalah di sektor mekanis. Untuk Mitsubishi Evolution Final Concept, Mitsubishi membenamkan amunisi baru, yakni turbocharger buatan HKS. HKS melakukan beberapa penambahan di intake , knalpot, sistem pendingin, dan ECU baru.

Hasilnya, tenaga mesin diklaim melonjak dari 291 daya kuda menjadi 473 daya kuda, atau naik 281 daya kuda dari versi standar. Bahkan, tenaga maksimal mobil ini mengalahkan Mitsubishi Evolutin X FQ-400 buatan Inggris yang hanya mengail tenaga maksimal 440 daya kuda.

Tenaga ini malah mengalahkan rival terdekatnya, Subaru Impreza, yang tenaga maksimalnya malah tidak sampai pada 400 daya kuda. Dengan tenaga tersebut, Mitsubishi Evolution X benar-benar berhasil memberikan salam perpisahan yang terbaik.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4418 seconds (0.1#10.140)