Jangan Takut Makan Telur!

Jum'at, 02 Januari 2015 - 19:09 WIB
Jangan Takut Makan Telur!
Jangan Takut Makan Telur!
A A A
JAKARTA - Dari zaman dulu, makan telur telah dianggap sebagai awal yang baik untuk sarapan. Telur memiliki nutrisi penting seperti protein, riboflavin dan selenium. Tapi, banyak orang yang takut untuk makan telur setiap hari karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Dilansir dari Boldsky, mengkonsumsi telur secara teratur justru bisa mengurangi kadar kolesterol. Satu telur berisi 186 miligram kolesterol, namun tidak perlu khawatir makan telur secara teratur.

Di sisi lain, kuning telur tidak meningkatkan kadar kolesterol Anda. Kuning telur justru penuh nutrisi termasuk bioflavonoid dan fosfatidil kolin dan sulfur. Hal ini bermanfaat jika dikonsumsi direbus setengah matang. Lantas apa sajakah manfaat mengkonsumsi telur setengah matang?

1. Tidak keracunan makanan
Beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi kuning telur mentah karena memiliki manfaat kesehatan yang tinggi. Namun, telur lebih baik dalam kondisi setengah matang untuk dikonsumsi agar mengurangi risiko keracunan atau penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Untuk membunuh bakteri, Anda cukup merebus telur dalam waktu singkat.

2. Rendah kalori
Jika Anda mencari camilan rendah kalori, maka mengkonsumsi telur setengah matang sesuai untuk Anda. Telur setengah matang yang direbus lebih tinggi kadar protein dan lebih rendah kalorinya jika dibandingkan dengan resep telur lainnya. Telur rebus setengah matang mengandung 78 kalori dan 5,3 gram lemak serta 1,6 gram lemak yang tidak jenuh.

3. Karbohidrat
Telur adalah salah satu dari beberapa makanan yang mengandung semua asam amino esensial dan direbus setengah matang membuatnya menjadi santapan sehat. Telur mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral.

4. Vitamin A
Wanita membutuhkan 700 mikrogram vitamin setiap hari, sementara pria membutuhkan sekitar 900 mikrogram. Makan satu setengah telur rebus bisa mendapatkan sekitar 74 mikrogram.

5. Vitamin B12
Satu setengah telur rebus memiliki 0,56 mikrogram dan 2,4 mikrogram vitamin B12. Vitamin ini sangat penting untuk metabolisme tubuh Anda. Vitamin B12 membantu Anda dalam berfungsinya sistem saraf Anda.

6. Telur rebus setengah matang tidak dianjurkan untuk wanita hamil
Telur rebus setengah matang tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan bagi orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Telur rebus setengah matang sehat bagi orang-orang dengan kesehatan yang kuat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0296 seconds (0.1#10.140)