Pencahayaan untuk Split Level

Minggu, 04 Januari 2015 - 12:38 WIB
Pencahayaan untuk Split Level
Pencahayaan untuk Split Level
A A A
Memiliki hunian dengan berbagai keterbatasan, pastinya membuat Anda kesulitan untuk memaksimalkan pencahayaan di dalam rumah. Begitu pun dalam mengatur fungsionalisasi di setiap bagian ruangannya.

Pastinya dibutuhkan trik khusus dalam menyiasati permasalahan pencahayaan di ruang yang tidak terlalu luas. Selain itu membutuhkan trik tersendiri agar cahaya yang masuk bisa lebih optimal. Menurut arsitek Denny Setiawan, untuk menyiasati pencahayaan di ruang yang mungil, salah satu cara yang pas adalah dengan membuat layout rumah secara split level.

Dengan cara ini, pencahayaan lebih leluasa masuk ke setiap ruang sehingga memberikan kesan lebih terbuka. Split level identik dengan sifatnya yang selalu terbuka tanpa ada penyekat. Keterbukaan inilah yang membuat cahaya bisa leluasa masuk meskipun ruangan tersebut berada di bagian yang jauh dan tidak memiliki jendela langsung ke bagian dalamnya.

Dengan memanfaatkan split level, ruangan akan mendapatkan cahaya matahari yang dibutuhkan. Hal ini sangat bermanfaat karena selain menghemat energi, ruangan pun akan semakin sehat. “Selain memaksimalkan cahaya matahari, sistem split level juga mampu menciptakan ruang terbuka sehingga interior rumah berkesan lebih lega. Keleluasaan dan kesan lega ini akan mampu menciptakan kenyamanan dan kesehatan anggota keluarga,” ucap Denny.

Pola dan warna lembut di rumah split level dapat membantu Anda sebagai penghuni rumah merasakan ketenangan. “Rumah dengan menggunakan teknik split level akan menciptakan pola yang berbentuk daun dan bunga. Tentunya akan lebih baik menggunakan warna yang lembut. Misalkan saja di ruang keluarga bisa mengaplikasikan warna krem muda untuk menjadi warna dasar di ruangan,” sebut Denny.

Selain warna dinding, agar ruangan tampak lebih hidup dan terang, bisa ditambahkan dengan permainan aksesori, seperti meletakkan bantal dekoratif yang bisa menciptakan point of interest di ruangan tersebut. Di ruang makan pun Anda bisa menerapkan pola yang sama. Untuk mendapatkan kesan dramatis bisa menggunakan furnitur yang berwarna gelap agar bisa menciptakan ketenangan Anda. Selain itu, bisa menerapkan cara mengecat dengan teknik spons untuk menghias dindingnya. Dengan warna yang lembut dan pola layout spit level , rumah Anda akan maksimal dalam mendapatkan cahaya.

Aprilia s andyna
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5221 seconds (0.1#10.140)