Memilih Kitchen Set yang Tepat

Senin, 05 Januari 2015 - 14:03 WIB
Memilih Kitchen Set yang Tepat
Memilih Kitchen Set yang Tepat
A A A
MEMASAK di rumah selalu menjadi kegiatan paling menyenangkan, apalagi bila dapurnya pun ikut ditata dengan baik.

Salah satu cara untuk bisa mendapatkan dapur yang tertata rapi ialah dengan memiliki kitchen set untuk menyimpan semua perabotan dapur Anda. Setiap kitchen set selalu memiliki lemari sebagai tempat penyimpanan. Ukuran dan desainnya bisa Anda buat beragam, tentunya bergantung pada desain dapur secara keseluruhan.

Biasanya untuk kitchen set terdapat lemari atas dan bawah. Ada juga beberapa desainnya menempatkan lemari tinggi untuk menyimpan segala perabotan dapur. “Model kitchen set sangat beragam mulai dari dengan bentuk L atau U. Untuk ruang dapur yang tidak terlalu luas, bisa menggunakan bentuk L dengan memanfaatkan dinding kitchen set sebagai tempat menyimpan microwave dan peralatan lainnya,” tandas desainer interior Ari Indra.

Ari menambahkan, untuk model kitchen set yang berbentuk U akan lebih pas jika diaplikasikan untuk dapur yang luas. Biasanya terdapat lemari yang berukuran 45cm x 50cm x 20cm. Di dalamnya terdapat enam rak yang masing-masing setinggi 30 cm, bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur. Bentuk kitchen set dengan model U memang memiliki kelebihan tersendiri.

Selain bisa memberikan kesan rapi, kitchen set memiliki keunggulan yaitu mampu menyimpan peralatan masak, makan, dan berbagai wadah makanan dengan rapi. Barang yang jarang digunakan, sebaiknya disimpan di rak paling bawah atau paling atas. Sementara untuk rak di bagian tengah yang dapat dijangkau bisa digunakan untuk menyimpan barang atau alat yang lebih sering digunakan.

Hal selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah penggunaan lapisan kitchen set yang ingin Anda pakai. Ada banyak macam lapisan yang sering digunakan, seperti laminet system, melamic, atau medium dencity fiberboard . “Dalam memilih lapisan untuk kitchen set agar tampilannya terlihat halus bisa menggunakan takon, yaitu sejenis tempelan yang bisa memberikan efek bersih pada kitchen set ,” ucap Ari.

Untuk bagian selanjutnya dalam menata kitchen set , Anda pun harus memperhatikan konsepnya. “Untuk konsep kitchen set saat ini, model minimalis masih tetap menjadi favorit karena model ini tidak akan lekang oleh waktu. Sementara untuk model ukiran atau etnik sudah jarang dilirik lagi,” kata Ari.

Ari menambahkan, selain minimalis, konsep klasik juga masih digemari. Untuk model klasik biasanya memiliki bagian sendiri, yaitu semiklasik, neoklasik, dan sangat klasik. Sekarang keputusan ada pada Anda, konsep mana yang menarik hati Anda untuk melengkapi cantiknya ruang dapur.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7034 seconds (0.1#10.140)