Menentukan Pilihan yang Tepat

Selasa, 06 Januari 2015 - 11:50 WIB
Menentukan Pilihan yang Tepat
Menentukan Pilihan yang Tepat
A A A
JIKA Anda memiliki hunian yang tidak terlalu luas, bisa diperbaiki dengan pemilihan warna cat yang berwarna cerah atau terang untuk kesan luas dan bersih.

Arsitek Rizky Artando mengungkapkan, hal yang perlu diingat adalah, penekanan untuk menggunakan warna terang sebagai latar dari ruang publik yang secara fungsional diperuntukkan untuk sesuatu yang umum, seperti ruang tamu, dan ruang keluarga. Ruang bersifat umum,papar Rizky, adalah ruangan dengan aktivitas pemakaian ruang yang bersifat rutin dan pasti.

Pemakaian ruangannya pun bersifat tetap, sehingga fasilitas yang dibutuhkan akan bersifat standar, selain itu agar lebih praktis dan ekonomis. “Jangan pernah memperlakukan rumah tinggal sama dengan ruang yang sifatnya umum, pastinya sang pemilik rumah akan cepat bosan dan ruangan akan terlihat lebih kaku,”lanjut Rizky.

Nah, karena rumah tinggal adalah tempat para penghuninya melepas segala kepenatan fisik, pikiran dan emosi maka tentunya hal-hal yang akan berpengaruh kepada kepenatan tersebut harus bisa dialihkan dan sedikit direnovasi. Rizky menambahkan, biasanya bentuk perabotan yang terlihat kaku, keras dan monoton akan membuat ruangan dalam rumah tinggal menjadi berkesan kaku.

Sebaiknya pilih bentuk material yang terbuat dari bahan alam seperti kayu, batu, kain. Selain itu bisa juga mengkreasikan dengan membedakan bentuk kursi yang terdapat diruang tamu dan ruang keluarga.

Untuk masalah warna, Anda boleh saja memilih warna putih untuk menghadirkan kesan luas, terang, dan bersih, namun Anda juga bisa melengkapi tampilannya dengan memberikan beberapa sentuhan warna yang menarik dan bisa dijadikan aksen pelengkap seperti untuk pelapis kursi, bantal hias, tirai, taplak penutup meja, dan juga untuk pelapis lantai.

Sementara untuk ruangan yang privat, Anda dapat bereksperimen dengan warna yang Anda sukai. Contohnya saja Anda tidak bisa memaksakan memberikan sentuhan warna kamar tidur sang buah hati dengan menggunakan warna terang, karena belum tentu mereka menyukainya.

Sebaiknya pilih warna yang mereka sukai, tetapi Anda juga harus jeli untuk tidak menggunakan warna yang teduh seperti warna ungu karena akan membuat kemauan mereka untuk belajar semakin berkurang.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)