7 Fakta Menarik Tentang Hidung

Jum'at, 09 Januari 2015 - 07:45 WIB
7 Fakta Menarik Tentang...
7 Fakta Menarik Tentang Hidung
A A A
HIDUNG merupakan salah satu bagian organ yang penting dalam penampilan Anda. Tak hanya itu, hidung melakukan sejumlah fungsi tubuh yang penting, seperti bernapas, menghindari infeksi, dan menentukan rasa bau dan rasa. Bahkan, hidung dapat membuat Anda jatuh cinta dan merasakan bahaya.

Berikut adalah tujuh fakta aneh tapi menyenangkan pada hidung Anda, sebagaimana dikutip dari Healthmeup.

1. Hidung manusia dapat mendeteksi satu triliun aroma
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hidung memiliki sekitar 400 jenis reseptor aroma yang dapat mengidentifikasi setidaknya 1 triliun bau yang berbeda. Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti penciuman di Universitas Rockefeller di New York. Para ilmuwan sebelumnya telah memperkirakan bahwa manusia bisa mencium aroma hanya 10.000.

2. Manusia mencium sesuai emosionalnya
Para peneliti di Universitas Utrecht di Belanda menemukan bahwa manusia dapat mendeteksi berbagai emosi melalui sinyal kimia diekskresikan. Adalah benar, manusia bisa merasakan manusia lain geli atau jijik hanya dengan mencium bau keringan di pakaian mereka.

3. Bau bayi yang baru lahir adalah adiktif
Sebuah studi menemukan bahwa aroma bayi memicu pusat kesenangan otak wanita, dan merangsang produksi dopamin. Dopamin merupakan neurotransmitter yang dikeluarkan saat Anda melakukan hubungan seks, makan makanan yang nikmat atau mengambil obat adiktif.

4. Gaya genetik bersin
Apakah Anda berteriak atau seperti klakson ketika Anda bersin, atau hanya tidak bisa berhenti, gaya bersin Anda tidak unik seperti yang Anda pikirkan. Penelitian menunjukkan bahwa gaya bersin mempunyai sifat turun-temurun diwariskan dari generasi ke generasi.

5. Lendir hidung melindungi dari infeksi dan alergi
Ketika udara bergerak melalui hidung, lendir melapisi rongga hidung perangkap debu dan mikroba yang lain bisa menyebabkan infeksi atau alergi. Walaupun terkadang lendir itu menjijikkan dan menjengkelkan, tapi sesungguhnya lendir tersebut mempunyi fungsi penting.

6. Bersin yang kuat
Bersin adalah refleks involunter yang tidak dapat dihentikan setelah mereka mulai. Bersin dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 150 kilometer per jam dan semprotan dari bersin bisa pergi sejauh lima meter. Sebuah bersin tunggal juga dapat mendorong sekitar 100.000 kuman ke udara.

7. Indra penciuman berkurang seiring bertambahnya usia
Manusia kehilangan sebagian dari kemampuan mereka untuk mencium setelah usia 65. Pada saat Anda mencapai usia delapan puluhan, rasa penciuman dapat menurunkan sebanyak 50 persen.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0643 seconds (0.1#10.140)