Ruang Lesehan di Luar Rumah

Jum'at, 09 Januari 2015 - 10:49 WIB
Ruang Lesehan di Luar Rumah
Ruang Lesehan di Luar Rumah
A A A

SERUPA berpiknik, lesehan santai di luar rumah bisa menjadi obat stres yang praktis dan murah meriah.

Seperti kita ketahui, kegiatan padat dan jalanan macet yang setiap hari kita hadapi, bisa menjadi pemicu stres. Salah satu pengobatan yang bisa kita lakukan sendiri di rumah adalah menciptakan momen berkualitas untuk diri sendiri maupun bersama keluarga tercinta.

Jika berada di dalam ruangan terasa terlalu menyesakkan, sesekali luangkan waktu untuk duduk-duduk di luar rumah, menikmati segarnya angin, dan melakukan aktivitas yang memicu relaksasi seperti berolahraga, membaca buku, atau berkebun. Untuk menunjang kegiatan ini, Anda dapat membuat area khusus bersantai di luar rumah seperti gazebo atau pendopo kecil berkonsep lesehan. Namun, sebelum membuatnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu.

“Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat lantai gazebo atau pendopo lebih tinggi untuk tempat duduk lesehan. Selain tidak mudah kotor, lantai lebih tinggi juga akan memperluas pandangan kita saat berada di dalam gazebo,” sebut arsitek lanskap Herlin Wibowo. Setelah membuat fondasi yang baik, hal yang harus Anda rencanakan lagi adalah membuat rancangan atap yang cukup tinggi agar sirkulasi area ini terjaga.

“Udara panas selalu naik ke atas sehingga semakin tinggi atap, udara akan semakin mudah mengalir. Namun, perhatikan juga proporsinya agar gazebo tetap terlihat cantik,” saran Herlin. Terakhir, tentukan letak posisi terbaik gazebo. Apakah ingin dikelilingi taman atau di samping kolam, Anda pun dapat memilih sesuai dengan kondisi eksterior rumah.

“Posisi ini juga menentukan fungsi gazebo, misalnya bila gazebo dapat menjadi tempat bersantai sambil memberi makan ikan. Atau bila diletakkan di samping kolam renang, gazebo bisa jadi tempat bersantai setelah berenang,” tutur Herlin.

Aprilia s andyna
(bhr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5572 seconds (0.1#10.140)